Modifikasi Motor Agar Lebih Bertenaga

Motor berpenampilan keren dan mentereng adalah sesuatu kepuasan tersendiri bagi kita. Apalagi penampilan keren tersebut adalah hasil karya kita sendiri, tentunya hal tersebut sangatlah menyenangkan.

Untuk merubah penampilan dari motor itu sendiri, sebenarnya bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. karena, hal ini memerlukan tehnik dan pengalaman yang cukp baik di dunia modifikasi. Namun apabila Anda berniat untuk memodifikasi motor Anda sendiri, tentunya ini ide yang cukup cemerlang. Akan tetapi, sebaiknya Anda memikirkan terlebih dahulu semua persiapan yang mesti Anda lakukan.

Adapun semua persiapan yang perlu Anda lakukan seperti halnya konsep dari tujuan memodifikasi sepeda motor itu sendiri. Hal pertama yang paling penting Anda persiapkan adalah contoh atau sket sebagai gambaran yang dapat menjadi panduan saat mengerjakannya. Namun disisi lain anda juga sebaiknya tidak mengabaikan dari segi keamanan dan standarisasi dari produk motor itu sendiri seperti halnya penggantian sparepart.

Untuk sparepart sebaiknya Anda tidak memakai sparepart KW atau yang palsu karena, hal tersebut dapat membahayakan diri kita sendiri dan juga bisa berakibat buruk bagi motor itu sendiri. Baiklah kali ini kita akan berbagi bagai mana cara modifikasi sepeda motor agar sepeda motor Anda lebih bertenaga. Berikut langkah dan cara yang dapat Anda lakukan: 

1. Memperluas Lubang Pembilasan Pada Mesin Sepeda Motor 

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah, memperbesar ruang pembilasan. Dimana pencampuran antara gas dan udara yang terus masuk ke dalam ruang pembakaran sangat berpengaruh pada performa tenaga mesin sepeda motor itu sendiri. Karena semakin banyak gas yang masuk maka semakin baik pula kepadatan gas sehingga kompresi jauh lebih meningkat. Tapi jangan memperluas lubang pembilasan terlalu lebar, hal ini akan menyebabkan mesin cepat rusak. Sebaiknya anda melakukannya secara seimbang dengan spek mesin motor itu sendiri. 

2. Ganti Roda Gigi Motor 

Hal berikutnya yang perlu juga Anda lakukan adalah mengganti roda gigi motor. Gantilah roda gigi kendaraan bermotor Anda dengan yang lebih kecil agar bisa lebih ringan, hal ini dilakukan agar kecepatan motor Anda bisa menjadi lebih seimbang. 

3. Menambahkan System Kelistrikan 

Untuk system kelistrikan standard pada sepeda motor biasanya memiliki tegangan berkisar 6 Volt.namun sebaiknya Anda ubah system kelistrikannya menjadi 12 Volt. Hal ini guna menambah system kelistrikan agar menjadi lebih stabil. 

4. Mengurangi Bobot Piston 

Untuk piston sebaiknya anda kurangi bobot dari piston itu sendiri. Karena, untuk piston yang terlalu berat akan membuat mesin bekerja terlalu ekstra. Agar mesin sepeda motor bisa bekerja lebih baik dan lebih bertenaga, caranya dengan mengurangi berat piston sepeda motor itu sendiri. 

5. Pilih Ukuran Ban Yang Ideal 

Ukuran ban juga sangat berpengaruh terhadap tenaga sepeda motor itu sendiri. Karena, semakin besar ukuran ban maka akan sangat perpengaruh terhadap kecepatan sepeda motor itu juga.

Untuk itu sebaiknya anda memilih ukuran ban yang lebih ideal. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja mesin sepeda motor Anda juga. 

6. Mengurangi Volume Ruang Bakar (Kepala Silinder) 

Kompresi ruang bahan bakar sangat menentukan tenaga yang dihasilkan. Pada prinsipnya, semakin tinggi kompresi bahan bakar semakin besar pula tenaga yang dihasilkan. Untuk menghasilkan kompresi yang tinggi pada ruang pembakaran, dapat dilakukan dengan mengurangi volume ruang pembakaran pada mesin sepeda motor Anda.

Untuk melakukan hal tersebut biasa pada umumnya, hal ini dilakukan dengan cara menggerinda kepala silinder sehingga ruang bakar berkurang dan hal ini dapat meningkatkan intensitas pada kompresi mesin motor tersebut. 

7. Rocker Arm 

Rocker Arm biasa disebut dengan lengan penumbuk katup. Alat ini berfungsi melanjutkan penekan dari batang ke poros dan memilihan rocker arm yang baik adalah yang mempunyai berat yang lebih ringan. Demikianlah beberapa cara memodifikasi pada bagian mesin sepeda motor Anda, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya Anda melakukannya dengan selalu memperhatikan tahap demi tahap.

0 Response to "Modifikasi Motor Agar Lebih Bertenaga"

Posting Komentar