Gunakan Sabuk Pengaman Meski Mobil Memiliki Airbag

Gunakan Sabuk Pengaman Meski Mobil Memiliki Airbag
Tetap Mengutamakan Keselamatan Dengan Menggunakan Sabuk Pengaman Meski Mobil Ada Airbag
Bagi Anda yang selalu aktif melakukan perjalanan menggunakan kendaraan mobil, sebaiknya Anda selalu memperhatikan berapa hal yang berkaitan dengan keselamatan Anda di antaranya selalu menggunakan sabuk pengaman meskipun mobil Anda memiliki Airbag. Kantung udara (airbag) pada mobil adalah salah satu fitur keselamatan yang memang akan melindungi Anda dari dampak kecelakaan tabrakan frontal. Namun kantung udara ini bukanlah fitur keselamatan utama yang terdapat pada mobil Anda. Karena sistem kerja airbag yang menggunakan sensor, bisa saja sewaktu-waktu tidak berfungsi atau error seketika saat Anda mengalami kecelakaan.
Fitur keselamatan utama sebenarnya tetap berada pada sabuk pengaman (safety belt) yang mengikat badan anda agar tetap berada di kursi saat kendaraan mengalami goncangan hebat sewaktu berbenturan. Bahkan ada sebagian jenis mobil tertentu, dimana kantung udara tidak akan berfungsi jika sabuk pengaman tersebut tidak terpasang dengan baik. 

Airbag akan mengembang pada situasi-situasi tertentu saja, ini artinya ada syaratnya agar sabuk pengaman bisa berfungsi dengan baik. Misalkan, di beberapa jenis kendaraan yang mengharuskan safety belt terpasang, kecepatan kurang lebih di atas 40 Km/jam, dan tabrakannya tepat mengenai bagian depan kendaraan. Selain itu kantung udara tidak akan mengembang, jika mobil mengalami kecelakaan tidak karena terbentur atau bukan karena tabrakan melainkan karena terbalik dan sebagainya. Untuk itu agar terhindar dari resiko yang cukup fatal, sebaiknya Tetap Mengutamakan Keselamatan Dengan Menggunakan Sabuk Pengaman Meski Mobil Ada Airbag.
Gunakan Sabuk Pengaman Meski Mobil Memiliki Airbag

Sabuk pengaman atau sabuk keselamatan (safety belt) juga akan mencegah tubuh Anda terpental ke depan jika mobil sewaktu-waktu terjadi kecelakaan atau mengalami benturan yang sangat hebat. Dengan kondisi kecelakaan yang cukup keras dan terjadi sangat cepat, bisa saja membuat kantung udara belum terlalu mengembang dengan sempurna. Sehingga hal ini dapat berakibat sangat fatal terhadap keselamatan diri Anda sendiri.

Selain dapat membuat Anda terlindung dari segala resiko di atas, sabuk pengaman juga akan membantu Anda tetap stabil dalam mengendalikan kendaraan saat kendaraan dalam kondisi darurat. Misalkan saja mobil yang Anda kemudikan bersenggolan dengan kendaraan lain saat kendaraan dalam kecepatan tinggi. Karena pada saat seperti ini kendaraan akan membutuhkan pengendalian agar kendaraan tidak mengalami oleng dan lain sebagainya.

Hal penting lainnya adalah memastikan sabuk pengaman terkunci dengan baik dan terpasang sesuai dengan petunjuk pada kendaraan itu sendiri. Karena benturan pada kendaraan bukan hanya berasal dari bagian depan mobil melainkan juga dapat terjadi benturan dari sisi samping atau pun dari sisi belakang sekali pun.
Bayangkan saja jika Anda mengendalikan kendaraan dengan posisi yang sudah tidak lagi berada tepat di kursi kemudi mobil yang Anda kemudikan akibat benturan samping yang cukup keras. Hal ini pasti membuat kendaraan Anda justru tidak dapat terkendali dan bukan hanya itu hal ini juga malah membuat kendaraan yang Anda kemudikan akan semakin tidak stabil dan tidak terkendali. Untuk itu Tetap Mengutamakan Keselamatan Dengan Menggunakan Sabuk Pengaman Meski Mobil Ada Airbag


0 Response to "Gunakan Sabuk Pengaman Meski Mobil Memiliki Airbag"

Posting Komentar