Tips Mencegah Mobil Karatan Atau Keropos

Tips Mencegah Mobil Karatan Atau Keropos
Merawat mobil di saat musim penghujan sepertinya perlu perhatian lebih, terutama pada kendaraan roda empat. Menjaga kebersihan adalah hal utama yang harus selalu kita perhatikan. Karena, dengan kondisi kendaraan yang terkesan kurang perawatan saat musim hujan, bisa menimbulkan berbagai macam masalah. Terlebih jika kondisi kendaraan sudah tergolong tidak muda lagi. Banyak di antara kita sebagai pemilik kendaraan yang hanya melihat sisi luarnya saja terhadap kendaraan miliknya. Namun tak terlalu memperhatikan apa dan bagai mana cara merawat mobil saat kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

Meningkatnya intensitas hujan pada beberapa bulan terakhir, hal ini bukan tidak mungkin bisa menyebabkan bodi kendaraan kita akan mengalami rapuh terutama pada kendaraan mobil. Di perjalanan mungkin kita tak pernah tau jika cuaca akan berubah seketika dari semula cerah, tiba-tiba akan turun hujan seketika. Bayangkan saja jika Anda tau seberapa tajamnya air hujan yang selalu mengguyur kendaraan Anda sewaktu-waktu. Sedangkan Anda tau material kendaraan yang terbuat dari bahan yang mudah berkarat kapan saja.

Jika dari sisi luar kendaraan mungkin cukup sulit akan di tembus oleh karat, namun lain halnya pada sisi bagian dalam yang tepat pada sisi bawah lantai mobil misalnya. Karena pada sisi ini sangat mudah di tembus oleh air hujan. Dan biasanya, karat akan terjadi pada bagian bawah pintu, yakni panel triplang serta pada pintu bagian bawah. Nah jika Anda tidak ingin hal ini terjadi pada mobil Anda, berikut Tips Mencegah Mobil Karatan Atau Keropos.


1. Selalu Memperhatikan Kebersihan Mobil

Menjaga kebersihan terhadap kendaraan Anda, adalah hal yang paling penting yang harus selalu anda perhatikan. Dengan kondisi tingkat ketajaman air hujan yang cukup tinggi, maka hal ini akan membuat plat bodi mobil Anda akan rentan terhadap keropos. Dan selalu memperhatikan jika ada lumpur yang tersisa pada kolong mobil Anda. Sebab jika ini dibiarkan terlalu lama, zat PH lumpur yang begitu tinggi akan membuat bodi mobil Anda tidak akan bertahan lama. Terlebih jika lumpur tersebut sudah terjebak di dalam kerangka bodi mobil Anda dan ini akan menjadi penyebab utama bodi mobil berkarat.


2. Selalu Memperhatikan Lem Bodi

Saat mobil Anda belum pernah di lakukan perbaikan, di sana akan terdapat lem bodi pada setiap sambungan panel bodi mobil tersebut. Jika lem ini sudah mengalami kerusakan karena perbaikan bodi yang pernah Anda lakukan sebelumnya, maka segeralah melakukan pengeleman ulang dengan menggunakan sealent atau siler body yang bisa Anda dapatkan di toko sparepart mobil. Selain itu selalu memperhatikan karet seal pada kerangka bodi bagian dalam. Biasanya karet ini berbentuk bulat kecil yang menutupi lobang yang berfungsi untuk membuang air yang terjebak pada bagian dalam kabin dan kerangka bodi tersebut.


3. Selalu Memperhatikan Karet List Kaca Pintu Atau Karet Plipit

Tips Mencegah Mobil Karatan Atau Keropos lainnya adalah, selalu menjaga kondisi karet kaca pintu mobil Anda. Karena jika karet list kaca pintu sudah dalam kondisi yang tidak optimal, hal ini akan memudahkan air masuk ke bagian dalam kerangka pintu dan akan menyebabkan panel kerangka pintu sangat mudah terkena karat atau keropos. Selain itu perhatikan juga karet pada pinggiran kaca pintu yang terdapat pada rel kaca pintu, dan karet ini berbentuk leter U yang bagian dalamnya rapat dan pres pada kaca pintu. Jika karet ini sudah tidak lagi rapat atau ngepres pada kaca pintu saat kaca pintu naik turun, maka hal ini akan menyebabkan air berkemungkinan masuk.


4. Perhatikan Setiap Goresan Yang Menyebabkan Cat Bodi Terkelupas

Goresan pada bodi yang terlalu dalam bisa mengakibatkan cat pada permukaan panel bodi akan terkelupas dan menyebabkan permukaan panel bodi tidak tertutup lagi dari air dan lain sebagainya. Untuk menghindari agar bodi tidak mudah karatan atau keropos, sebaiknya Anda langsung lakukan perbaikan sebelum pelat panel bodi terlanjur berkarat. Karena jika pelat pada panel bodi sudah terlanjur berkarat atau keropos, ini akan susah untuk di hilangkan. Selain itu selalu perhatikan saat memperbaiki bodi mobil Anda tersebut. Karena jika pengerjaan tidak di lakukan dengan tepat, ini akan memudahkan bodi mobil Anda terkena karat dan keropos. Usahakan pengerjaan tidak terlalu terburu-buru, karena jika melakukan body repair dengan terburu-buru hasilnya tidak akan maksimal.


0 Response to "Tips Mencegah Mobil Karatan Atau Keropos"

Posting Komentar