Tips Mengendarai motor Saat Musim Hujan

Tips Mengendarai motor Saat Musim Hujan
Mengendarai motor saat musim hujan sebenarnya cukup beresiko jika di bandingkan saat cuaca cerah. Banyak hal yang harus kita perhatikan dengan baik terutama pada kondisi ban motor itu sendiri. Jika kita biasa berkendara di saat musim panas kondisi motor tidak pernah mendapatkan masalah yang berarti, lain halnya untuk musim hujan. Memilih ban yang cocok untuk kondisi jalanan yang licin juga salah satu tindakan yang penting untuk mendapatkan kenyamanan saat berkendara. Nah bagi Anda yang memiliki motor dengan ban yang sudah mulai botak, sebaiknya berhati-hati saja saat berkendara di jalanan yang basah. Jika kita selalu waspada sebenarnya ini akan mengurangi resiko berkendara. Tapi banyak sebagian orang lupa jika ternyata motor yang ia kendarai mendapatkan berbagai macam masalah yang berhubungan dengan musim hujan. Apa sih bahayanya mengendarai motor saat musim hujan? Mari simak beberapa Tips Mengendarai motor Saat Musim Hujan berikut ini.


Berhati-hati Dengan Hujan Gerimis Yang Baru Turun

Saat kita sedang di perjalanan tiba-tiba turun hujan yang di tandai dengan gerimis, ini sangat berbahaya bagi pengendara motor tentunya. Dengan banyaknya pengguna jalan yang terburu-buru hendak menghindari hujan, justru musibah yang tak dapat kita hindari jika kita tidak waspada. Saat hujan mulai mengguyur, pengguna jalan akan memacu laju motornya dengan kecepatan tinggi hal ini sudah banyak terjadi kecelakaan saat hendak turun hujan. Karena pada saat seperti ini kondisi jalanan sedang dalam kondisi sangat licin, debu yang baru akan tersiram air akan membuat daya cengkram pada ban motor Anda tidak berfungsi dengan maksimal. Jadi dalam kondisi seperti ini jika Anda melakukan pengereman mendadak motor Anda di pastikan tergelincir dan akan lepas kendali. Terlebih jika kondisi ban dari motor Anda sudah mulai botak. Jadi sebaiknya Anda tidak perlu terburu-buru untuk menghindari hujan agar Anda tetap aman saat berada dalam perjalanan.


Berhati-hati Saat Melintasi Genangan Air

Dengan kondisi permukaan jalan yang tergenang air, kita tidak akan mengetahui kondisi jalan tersebut apakah kondisi jalan mulus atau terdapat lubang. Meskipun kita mengetahui kodisi jalan terssebut sebelumnya. Karena dengan kondisi sedang berjalan kita tidak akan sempat untuk mengingat posisi lubang itu berada dan dengan kondisi kita yang tidak siap akan melintasi lubang membuat kita tidak akan mampu menahan motor tersebut ketika masuk lubang. Pastilah hal ini membuat kita tidak dapat mengendalikan motor kita dengan baik sehingga dapat menyebabkan kecelakaan.


Jangan Membututi Mobil Terlalu dekat

Selain beberapa hal di atas, kita juga harus memperhatikan jarak kita dengan kendaraan yang berada di depan kita terutama mobil. Karena hal ini akan sangat mengganggu pandangan kita terhadap permukaan jalan. Jika mobil di depan kita melintasi lubang hal ini dapat menjadi jebakan bagi kita karena kita tidak akan mampu untuk menghindar dalam jarak yang terlalu dekat. Selain itu jangan mengambil resiko dengan berkendara terlalu ketepi. Karena Anda sulit untuk mengetahui kondisi tepian jalan yang berlubang saat jalanan tergenang air.

Nah itulah sekilas Tips Mengendarai Motor Saat Musim Hujan yang dapat Saya share pada kesempatan ini semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Tips Mengendarai motor Saat Musim Hujan"

Posting Komentar