Cara Pemasangan Sparepart Kendaraan

Cara Mudah Memasang Sparepart Kendaraan - sparepart atau yang biasa disebut dengan suku cadang adalah suatu komponen bagian dari peralatan kendaraan yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Disini Saya akan share bagaimana cara dan tehnik untuk pemasangan sparepart kendaraan dengan baik dan benar. Untuk sparepart ataupun suku cadang itu sendiri, sebenarnya banyak jenis dan berbagai macam nama-namanya.

Namun disini saya akan memberi contoh simplenya saja yaitu bagaimana cara untuk memasang bumper kendaraan atau bumper mobil. Karena untuk jenis sparepart yang satu ini, adalah bagian yang paling rawan di bandingkan sparepart lainnya.

Akan tetapi untuk jenis mobil itu sendiri, juga ada banyak jenis dan model-model mobilnya. Mualai dari yang model jeef, hingga yang model sedan. Namun disini kita akan membahas kendaraan yang jenisnya sedan atau SUV, karena mobil jenis ini cukup banyak di gunakan di kalangan masyarakat pada umumnya. Baiklah sebelum kita mengetahui banyak tentang bagaimana Cara Pemasangan Sparepart Kendaraan dengan baik, sebaiknya terlebih dahulu kita memahami apa jenis sparepart dan dimana letak dan posisi sparepart yang akan kita pasang tersebut.

Dan mengetahui fungsi-fungsi dari sparepart itu sendiri. karena jika kita kurang memahami posisi dan fungsi dari sparepart tersebut, maka kita akan kesulitan dalam proses pengerjaannya. Seperti halnya jika kita akan memasang bumper, maka kita harus memahami apa dan dimana letak dan fungsi dari bumper itu sendiri. Karena pada bumper itu sendiri juga banyak terdapat sparepart-sparepart lain seperti  halnya foglamp, grille bumper dan grille radiator.

Maka dari itu, sebaiknya terlebih dahulu kita cari tau bagaimana cara pemasangan foglamp dan perlengkapan bumper yang lainnya. Foglamp berfungsi sebagai lampu anti kabut yang terletak pada bumper depan dan ukurannya tidak terlalu besar dan kurang lebih 1/4-nya jika dibandingkan dengan lampu utama dari mobil itu sendiri. Dan fungsinya sebagai lampu penerang jarak jauh yang biasa disebut lampu kabut. Untuk pemasangannya lampu ini berikut cara-caranya:
  • Langkah pertama Anda harus mengetahui posisi yang kanan dan kirinya, lampu yang sebelah kanan akan terdapat huruf RH(right hand). 
  • Berikut sebaliknya untuk yang kiri juga akan terdapat huruf LH(left hand). 
  • Pasanglah pada breket foglampnya atau dudukan foglamp pada lobang bumper yang sudah tersedia. 
  • Dan pasanglah foglamp tersebut sesuai dengan kontur bumper itu sendiri, pasangkan bautnya hingga benar-benar terikat dengan baik. 
  • Pasangkan grille bumpernya dengan cara, kita paskan knok pada breket grille ke lobang bagian bumper. Dan jangan lupa pasangkan juga baut atau klipnya dengan benar. Lalu apabila kita sudah menylesaikan semua dengan baik, maka kita lihat hasilnya sebelum bumper terpasang. Karena jika bumper sudah terpasang tidak mungkin akan kita lepas kembali.
Tahap selanjutnya kita bisa memulai untuk pemasangan bumper itu sendiri. Dengan cara, tempelkan bumper pada bagian dimana akan di pasangkan bumper tersebut. Lalu kita periksa breket bumper yang kiri dan kanannya, breket bumper adalah plastik kecil yang terdapat pada bagian ujung bumper kiri dan kanan dan menempel pada fender depan dan berbentuk kaitan yang berfungsi untuk menghubungkan bumper pada body kendaraan tersebut.

Namun disini kita harus memahami bahwa breket bumper sangat rawan terhadap kerusakan, maka dari itu kita harus lebih teliti dan berhati-hati saat melepaskan bumper tersebut agar breket tetap terjaga dengan baik. Jika bumper sudah pas dengan body, selanjutnya kita tekan pada ujung bumper yang kiri dan yang kanan. namun harus diingat, sebelum kita merekatkan bumper pada body kita harus sambungkan terlebih dahulu kabel foglampnya agar nantinya tidak mangalami kesulitan saat akan menyalakan foglampnya.

Lalu selanjutnya baru kita pasang baut dan klip bumpernya satu persatu. Begitu juga klip liner fender yang menempel pada bumper. Dan jika pekerjaan ini sudah kita anggap selesai, sebaiknya kita periksa kembali baut-baut yang belum terpasang sebab hal ini sangat perpengaruh dengan ketahanan bumper itu sendiri. Jika pemasangan baut pada bumper kurang maksimal, maka hal tersebut akan menyebabkan bumper mudah rusak dan sobek. Saya rasa hanya itu saja tips yang dapat saya bagikan kali ini semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Cara Pemasangan Sparepart Kendaraan"

Posting Komentar