Cara Merawat Interior Bagian Dalam Mobil

Perawatan Interior - Interior adalah suatu desain body bagian dalam mobil. Dimana interior sendiri terdiri dari beberapa bagian diantaranya adalah dashboard, plafon, jok, doortrim serta karpet yang menutupi permukaan lantai mobil itu sendiri.

Namun, di sini terlebih dahulu Saya akan menjelaskan letak dan fungsi bagian iterior itu sendiri. Langsung saja yang pertama adalah dashboard, mungkin diantara Anda tidak asing lagi dengan kata-kata dashboard.

Letak dashboard itu sendiri ada di depan setir yang berbentuk meja. Dan untuk fungsinya sendiri, banyak sekali fungsi-fungsi dari dashboard tersebut.

Mulai dari laci yang berguna untuk menaruh perlengkapan, hingga penempatan audio kendaraan dan menu kontrol pada kendaraan itu sendiri. Berikut ada doortrim dan plafon. Untuk doortrim berfungsi sebagai penutup pintu bagian dalam, sedangkan plafon berfungsi sebagai penutup panel roof bagian dalam. Baiklah disini saya akan membahas bagaimana cara merawat dan menjaga interior agar tetap bersih dan awet.

1. Plafon
Plafon pada dasarnya beragam jenis ada yang berjenis permukaannya licin, ada juga yang berjenis permukaannya berbulu. Nah untuk yang permukaan licin atau menyerupai kulit, ini biasanya sangat mudah untuk dibersihkan cukup menggunakan cairan pembersih interior lalu di lap dengan tissue selesai. Namun lain halnya untuk yang berjenis serabut atau permukaannya berbulu ini sangat sulit untuk di bersihkan.  

Plafon yang berbahan spons atau sejenisnya, memang agak susah untuk di bersihkan apalagi kita tidak memiliki perlegkapan khusus. Jika nodanya terlalu lengket, disarankan untuk membawa ke salon mobil untuk penanganan lebih maksimal. Akan tetapi jika noda yang ringan, Anda bisa untuk membersihkannya sendiri. Seperti halnya noda debu, dan noda bekas tanah.

Untuk noda seperti ini, biasanya dapat dihilangkan dengan mengunakan cairan pembersih interior maka akan hilang. Namun jika nodanya sedikit membandel, anda bisa membersihkannya menggunakan sikat gigi yang berbulu halus. Dengan cara, semprotkan cairan pembersih interior ke bagian yang kotor dan sikat dengan sikat gigi lalu bersihkan menggunakan lap berbahan chamois yang dilembabkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan berulang kali hingga bersih dan sempurna.

Namun perlu anda ingat gunakan lap penyeka yang selalu bersih, agar kotoran yang sudah luntur tidak menempel kembali pada permukaan plafon yang sudah bersih. Untuk menjaga interior agar tetap awet hindari interior mobil Anda terkena zat minyak seperti bensin, solar dan lain sebagainya.

2. Jok
Berikutnya adalah untuk perawatan pada jok mobil agar tetap bersih dan awet. Untuk jok mobil yang asli, atau bawaan mobil itu sendiri biasanya sarungnya terbuat dari kain sama halnya dengan plafon. Jika Anda ingin jok mobil Anda tetap mudah untuk dibersihkan, sebaiknya segeralah mengganti sarung jok mobil Anda dengan menggunakan pembungkus yang berbahan kulit sewaktu jok Anda masih dalam kondisi baru. Karena jika kondisi permukaan jok yang aslinya sudah terkena noda, maka hal ini akan membuat jok anda mudah rusak dan berbau.

3. Doortrim
Kemudian untuk melakukan perawatan pada doortrim. Untuk membersihan doortrim dari noda, sebenarnya cukup gampang. Jika Anda tidak memiliki obat khusus untuk pembersih doortrim, Anda cukup membersihkannya menggunakan air shampoo dan sikat menggunakan sikat gigi seperti hal diatas. Setelah permukaan doortrim kering, anda bisa menyemirnya dengan menggunakan kit dashboard lalu lap menggunakan tissue. Oke saya rasa hanya itu yang dapat Saya bagikan pada kesempatan kali ini dan Saya harap bisa bermanfaat bagi sobat otomotif.

0 Response to "Cara Merawat Interior Bagian Dalam Mobil"

Posting Komentar