Cara Memperbaiki/ Repair Bumper Plastik Yang Sobek Atau Pecah

Bumper berbahan plastic atau fiber 
Untuk bumper kendaraan yang berbahan dasar plastik biasanya cukup rawan akan masalah-masalah yang lumayan rumit seperti halnya bumper mengalami pecah, sobek hingga masalah-masalah lainnya.

Apalagi kondisi kendaraan yang sedikit rendah atau ceper karena dengan kodisi tersebut bumper kendaraan biasanya kerap kali tersangkut trotoar jalan atau terbentur saat melalui jalanan yang berlobang.

Di jaman sekarang ini, mungkin semua orang tidak heran lagi kalau bumper mobil semua berbahan dasar plastik atau fiber. karena hal tersebut memang sudah bawaan dari pabrikan kendaraan itu masing-masing. Untuk mengatasi persoalan-persoalan seperti ini,  di sini Saya akan coba share sedikit pengalaman bagai mana cara memperbaiki bumper yang berbahan plastik apabila mangalami sobek ataupun pecah.

Pada jenis kerusakan di sini terbagi beberapa kriteria kerusakan pada bumper kendaraan berbahan plastik yang dapat di perbaiki, di antaranya bumper mengalami pecah pada bagian tengah atau bumper mengalami sobek tengah. Dan untuk kerusakan bumper yang terdapat pecah pada bagian tengah, yang dimaksudkan adalah bukan pada ujung bumper.

Karena, pada ujung bumper tersebut ada terdapat lobang yang untuk menyangkutkan bumper pada breket bumper yang menghubungkan bumper dengan body. Dan jika sobekannya tepat pada dudukan breket, maka hal ini tidak dapat di perbaiki kembali maka sebaiknya kita ganti baru saja. Untuk mengetahui bagaimana cara merepair bumper yang sudah pecah,  langsung saja kita simak tips berikut ini. 

Menyambung Kembali Bumper Plastik Yang Pecah 

Untuk menyatukan kembali bumper yang sudah pecah atau sobek, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk di lakukan sendiri. Anda cukup memotong pelat besi, bisa menggunakan plat potongan bekas body mobil namun jangan yang terlalu tebal agar mudah untuk di bentuk menuruti bentuk permukaan bumper tersebut. Lalu potong plat tersebut dengan berukuran 1X2cm kemudian pelat tersebut di beri lobang kecil-kecil agar menyerupai saringan.

Dan berikutnya pelat tersebut di bentuk sesuai dengan permukaan bumper yang akan di sambungkan, jangan lupa posisi plat tersebut agar melintang atau posisi malang atau apalah cara mengatakannya kalo Saya biasa menyebutnya melintang. Namun, itu tergantung dari pemahamannya saja mungkin yang berbeda.

Untuk langkah selanjutnya, panaskan pelat tersebut menggunakan api las bisa juga menggunakan api las karbit atau bisa juga menggunakan api kompor. Namun jangan lupa sebelum pelat di panaskan, berikan tangkai unuk pegangannya agar tidak susah kalau sewaktu masih panas akan di pegang. Lalu selanjutnya apbila pelat sudah panas dan agak kemerahan, lalu tempelkan pelat tersebut pada bagian bumper yang sobek tersebut. Namun sebelum pelat di tempelkan, jangan lupa tepatkan dulu posisi kedua belah bumper agar pas.

Lalu kenakan pelat tersebut pada kedua bagian bumper, dengan posisi di belahannya di tengah pelat berikutnya tekan sedikit pelat tersebut agar sedikit masuk ke dalam plastik. Dengan kondisi pelat masih panas, pastilah pelat tersebut akan masuk dan lobang pada pelat tersebut akan terisi plastik yang meleleh. Dan apabila di perkirakan sudah pas atau tidak terlalu dalam, berikut siram menggunakan air. Stelah pelat tersebut dingin, maka plastik tersebut akan mengeras dan menempel dengan baik.

Jika sobeknya agak memanjang, gunakan potongan pelat lebih banyak lagi. Namun, usahakan pelat tersebut tidak di potong terlalu besar. Sebaiknya ukurannya tetap kecil-kecil dan lakukan penempelan secara berjejer, guna agar bumper bergerak elastic maka pelat tersebut tidak akan lepas. Karena jika pelat di tempelkan satu keping memanjang, maka pelat tidak akan elastic dan kaku maka jika bumper bergerak ia akan terlepas dengan sendirinya. Itulah tips sederhana Cara Memperbaiki/ Repair Bumper Plastik Yang Sobek Atau Pecah semoga tips ini bisa bermanfaat dan agar di bagikan pada yang lain.

0 Response to "Cara Memperbaiki/ Repair Bumper Plastik Yang Sobek Atau Pecah"

Posting Komentar