Cara Mengatasi Cat Mobil Keriting Atau Berkerut

Tip cara mengatasi cat berkerut saat di cat ulang
Gagal dalam sebuah pekerjaan memang sangat melelahkan, apalagi untuk suatu pekerjaan yang cukup menguras tenaga dan pikiran pasti hal ini sangat membosankan dan menyebalkan bagi kita.

Untuk sebuah pekerjaan yang rumit seperti halnya pengecatan pada body mobil, memang terkadang sudah menjadi resiko yang harus kita tempuh. Karena jika kita berpikir lebih dalam lagi, memang sebuah pekerjaan tidaklah semudah atau semulus yang selalu kita bayangkan.

Contoh simplenya saja saat kita melakukan pengecatan pada body mobil, namun ternyata cat body mobil tersebut sudah pernah di cat dengan menggunakan cat yang kualitasnya tidak kita ketahui. Dan cat tersebut akan mengangkat atau berkerut saat kita melakukan pengecatan ulang dengan menggunakan cat yang kualitasnya lebih baik dan berstandard pabrikan. Mungkin ada di antara Anda yang pernah mengalami hal-hal semacam ini khususnya bagi mekanik cat.

Maka dari itu, disini Saya akan sedikit berbagi tips bagaimana cara untuk mengatasi cat keriting atau berkerut dengan mudah dan tidak perlu untuk mengulangi perkerjaan tersebut dari awal atau kita harus mengulangi pengecatan dengan keseluruhan. Karena hal tersebut, sangat tidak efisien apabila kita harus mengulanginya dari awal. Sebelum kita menuju pada inti dari permasalahan yang sebenarnya, sebaiknya Anda terlebih dahulu dapat memahami jenis cat berstandard pabrikan atau dibawah standard.

Karena, hal ini dapat mempermudah anda dalam melakukan pekerjaan seperti pengecetan lanjutan pada body mobil yang sudah mengalami perbaikan. Pada dasarnya sifat cat yang kualitasnya di bawah standard itu memang akan luntur apabila tersiram bahan cat yang kualitasnya lebih baik, apalagi kita melakukan pengecatan dengan cara yang tidak tepat. 


Cara mencegah terjadinya keriting pada cat lama 

Sebelum kita melangkah pada tahap pengobatan, sebaiknya kita cari tau dulu cara-cara pencegahannya. Dengan cara, memperhatikan secara teliti tekstur dari permukaan cat mobil tersebut. Apakah catnya masih original, ataukah cat tersebut sudah pernah di cat menggunakan cat biasa.

Apabila permukaan body sudah pernah di cat menggunakan cat biasa, maka di sini akan terlihat sedikit berbeda pada tekstur catnya walaupun warnanya sama biasanya cat biasa tidak akan bisa halus seperti cat aslinya. Di sini ia akan terlihat lebih kasar seperti kulit jeruk karena cat biasa sifatnya susah nutup. Jadi, jika cara penyemprotannya tidak tebal maka daya tutupnya tidak maksimal. Nah disini kita akan dapat mengetahui dengan jelas yang mana cat standard, dan yang mana cat yang tidak memenuhi standard.

Berikutnya apabila kita merasa ragu apakah cat tersebut akan keriting atau tidak jika nantinya kita cat dengan cat yang lebih standard caranya mudah saja. Basahkan permukaan cat tersebut dengan menggunakan thiner, jika catnya ngangkat atau berkerut maka sudah di pastikan cat tersebut akan keriting bila kita timpa deangan cat yang kualitasnya di atas cat tersebut. 


Mengatasi cat yang sudah keriting 

Berikut langkah-langkah untuk mengatasi apabila cat memang sudah terlanjur keriting atau berkerut.

Pertama setelah kita melakukan penyemprotan beberapa lapis lalu kita perhatikan cat tersebut apabila bentuknya agak kasar dan berkerut maka hal ini sudah di pastikan akan terjadi keriting. Nah disini Anda bisa stop dulu untuk melakukan penyemprotannya, sebaiknya kita sembuhkan dulu penyakitnya, berikut langkah-langkah cara mengatasinya.

  • Pertama kita tunggu permukaan yang berkerut atau keriting tersebut samapi mengering hingga bisa di ampelas, biasanya akan mengering dalam waktu 30 menit saja,
  • Jika catnya sudah mengering, maka kita ampelas menggunakan ampelas nomor 1500 hingga permukaannya halus,
  • Berikutnya kita semprot kembali namun ukuran kekentalannya lebih kental dari cat yang akan kita gunakan untuk cat jadinya. dan untuk setelan spuyer spray gunnya kita ubah agak sedikit dikecilkan spuyer catnya hingga catnya keluar seperti debu. lalu untuk spuyer angin, kita besarkan agar cat yang kental mudah untuk di semprotkan nah untuk spray gun sebaiknya gunakan juga spray gun yang standard agar hasilnya bisa sesuai dengan yang kita harapkan
  • kemudian kita ulangi penyemprotan hingga tertutup sempurna dengan jeda diantara lapisan 5-10 menit. nah di sini sangatlah memerlukan kesabaran yang cukup, agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal. setelah semua tetutup dengan sempurna, diamkan sampai mengering lalu kita lakukan pengampelasan kembali seperti hal di atas. 
  • Lalu kita semprotkan kembali dengan menggunakan cat yang tadinya kita gunakan sebagai cat jadinya dan hingga selesai.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, di sarankan selalu memperhatikan setiap lapisan cat yang kita semprotkan hal ini untuk mencegah agar kerutannya tidak bertambah atau semakin melebar. Karena, apabila salah dalam penyemprotannya kerutannya akan semakin parah. demikian tips Cara Mengatasi Cat Mobil Keriting Atau Berkerut semoga tips sederhana ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Cat Mobil Keriting Atau Berkerut"

Posting Komentar