Cara Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama

Cara Dan Tips Perawatan Aki Mobil 
Batttery atau accu atau yang biasa disebut aki ini adalah sumber awal dari energi sebuah kendaraan. Maka tak heran jika battery ini perlu di jaga dan dirawat secara extra.

Baiklah di sini Saya akan coba memberikan solusi terbaik bagi perawatan dan ketahanan pada battery atau aki kendaraan.

Untuk perawatan battery kendaraan memang perlu Anda perhatikan, ini bertujuan agar battery tetap berfungsi dengan baik walaupun usianya sudah tergolong tua. Karena, baterai tidak akan bertahan lama jika cara perawatan dan penangannya tidak tepat

Berikut beberapa tips Cara Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama dan langkah-langkah yang mungkin cukup mudah untuk di terpkan pada metode rawatan harian bagi kendaraan Anda. 

1. Memeriksa Air Aki Secara Rutin 
Untuk aki basah, biasanya air aki sangat berpengaruh pada kinerja aki. Karena, air aki adalah salah satu komponen penting untuk berperan sebagai daya simpan dari energy aki itu sendiri. Dan jika kebutuhan air aki tidak terpenuhi dengan baik, maka daya simpan energinya tidak akan maksimal. 

2. Hindari Penggunaan Yang Tidak Penting 
Penggunaan yang tidak tepat biasanya bisa berpengaruh terhadap ketahanan battery. Karena, penggunaan yang tidak beraturan bisa menyebabkan battery jadi droof. Sebagai contoh ringannya saja, jika Anda menyalakan audio kendaraan hendaknya juga disertai menyalakan mesin kendaraan itu sendiri.

Karena, hal ini bertujuan agar energy pada battery yang terpakai bisa di imbangi di saat mesin di nyalakan. 

3. Hindari Pemasangan Lampu Variasi Yang Tidak Beraturan 
Pemasangan lampu variasi yang tidak tepat sangat berpengaruh buruk pada kondisi battery. Cara pemasangan lampu seperti ini juga akan membuat battery terlalu bekerja dengan ekstra.

Apalagi pemasangannya tidak sesuai dengan prosedur standarisasi kelistrikan kendaraan itu sendiri. Dan hal ini juga bukan hanya bisa menyebabkan battery kehilangan fungsinya, akan tetapi hal tersebut dapat berakibat buruk bagi keselamatan Anda dan kendaraan Anda. 

4. Hindari Bongkar Pasang Battery Dengan Cara Terburu-buru 
Selanjutnya memperhatikan cara bongkar pasang battery. Jika Anda berniat melepaskan battery dari kendaraan Anda, sebaiknya lakukan dengan cara berhati-hati dan benar.

Hal ini bertujuan, agar saat Anda menggunakan kunci set tidak tersenggol plus dan minusnya. Sebab jika hal ini terjadi, maka baterai akan memercikan api dan itu dapat mengurangi daya dari battery itu sendiri. Sebaiknya jika Anda ingin melepaskan battery, agar yang di lepas terlebih dahulu minusnya atau masanya.

Dan untuk pemasangannya, sebaiknya Anda memasang plusnya terlebih dahulu. Dan jangan lupa untuk di periksa agar tidak kendor karena hal tersebut juga dapat merusak battery. Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah, di saat Anda mengistirahatkan kendaraan. di mana kendaraan tidak di gunakan dengan waktu yang cukup lama, maka hal ini akan menyebabkan battery akan habis energynya.

Maka untuk itu, sebaiknya Anda dapat menyalakan kendaraan selama kurang lebih 30menit dan lakukan dua kali sehari. hal ini bertujuan untuk merefresh daya baterai agar saat di gunakan baterai tidak akan bermasalah.

Itula beberapa tips yang dapat Saya share pada blog iatmotor.com semoga tips yang sederhana ini dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda.

0 Response to "Cara Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama"

Posting Komentar