7 Tips Berkendara Saat Akan Menempuh Perjalanan Jauh

Perhatikan Beberapa Hal Saat Hendak Berpergian Jauh - Berkendara dengan membawa kendaraan sendiri saat menempuh perjalanan jauh seperti pulang kampung, urusan kerja di luar kota ataupun keperluan lainnya, sebenarnya untuk berkendara dengan aman dan nyaman perlu persiapan khusus dan matang.

Hal ini bertujuan agar nantinya tidak akan mendapatkan masalah yang tidak di inginkan sewaktu di dalam perjalanan. Pada dasarnya semua orang tidak ingin mendapatkan masalah apapun saat kita bepergian, namun semua itu resiko sepertinya memang harus kita hadapi.

Akan tetapi,  semua itu bisa dihindari jika Anda selalu memperhatikan apa yang bisa menghambat perjalanan Anda setidaknya Anda bisa meminimalisir semua resiko-resiko yang memang sudah menjadi konsekwensinya. Memang untuk berkendara saat perjalanan jauh, bukanlah hal yang mudah. Apalagi situasi dan kondisi sedang tidak memungkinkan, ini bisa menjadi masalah besar bagi Anda jika Anda paksakan tentunya.

Nah disini Saya ada sedikit saran sebaiknya jika kondisi memang tidak memungkinkan untuk berkendara, ada baiknya kalau Anda menggunakan kendaraan umum seperti halnya travel, bus dan lain-lain.

Tapi bagi teman-teman yang memang sudah benar-benar siap untuk mengendarai kendaraan sendiri, berikut ada beberapa tips dan cara mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari kesehatan kita sendiri, hingga kesehatan kendaraan yang akan kita gunakan tersebut.

Baiklah langsung saja langkah penting yang harus Anda perhatikan adalah, pastikan bahwa kodisi fisik Anda dalam keadaan prima atau fit dan tidak dalam kondisi lelah ataupun kurang tidur. Berikutnya cek keadaan kendaraan yang akan Anda gunakan pastikan juga kendaraan dalam kondisi sehat dan tidak ada kekurangan apapun. Berikut komponen atau bagian kendaraan yang harus Anga cek: 


1. Periksa oli mesin kendaraan anda 
Pastikan oli masih layak dan tidak bermasalah saat kendaraan di gunakan. Namun apabila kita tidak mengerti tentang ini, bisa kita bawa ke bengkel-bengkel terpercaya atau yang di anjurkan oleh pabrikan kendaraan itu sendiri. 

2. Periksa bagian mesin kendaraan 
Pastikan juga mesin dalam kondisi sehat dan tidak akan mogok sewaktu di perjalanan. Untuk pengecekan, anda bisa dengan menyalakan kendaraan lalu mainkan gasnya perlahan-lahan. 

3. Selanjutnya periksa air radiator 
Pastikan radiator dapat berfungsi dengan sempurna dengan cara, buka tutup radiator lalu tekan gas dan lihat air radiatornya. apabila air radiator turun saat digas, maka eadiator sudah dipastikan berfungsi dengan baik.

4. Berikut periksa bagian rem 
Untuk memeriksa bagian rem Anda bisa mameriksanya dengan cara tes rem apakah berfunsi atau tidak, jika rem bermasalah maka Anda bisa membawanya ke bengkel. 

5. Periksa bagian lampu pastikan juga lampu 
Pastikan semua lampu menyala sebagaimana fungsinya mulai dari headlamp, seint hingga stoplamp. Sebab ini adalah salah satu bagian penting agar terhindar dari semua masalah saat Anda di perjalanan 

6. Periksa juga saklar dan fungsi-fungsinya
Untuk memeriksa saklar, Anda bisa mencoba mengoperasikan saklar dengan menyalakan seint kiri atau kanan dan lampu jarak jauh dan dekat. 

7. Periksa ban dan perlengkapan kendaraan 
Untuk perlengkapan kendaraan Anda bisa mempersiapkan perlengkapannya seperti dongkrak, kunci roda, obeng set, tang, kunci set serta ban serep.

Nah jika 7 Tips Berkendara Saat Akan Menempuh Perjalanan Jauh di atas sudah Anda perhatikan dengan baik, mudah-mudahan Anda bisa terhindar dari semua resiko. Demikian tips yang bisa Saya share kali ini semoga bermanfaat bagi Anda yang hendak berpergian jauh dan jangan lupa berdoa semoga selamat sampai tujuan tidak ada kendala suatu apapun amiin.

0 Response to "7 Tips Berkendara Saat Akan Menempuh Perjalanan Jauh"

Posting Komentar