Cara Merawat Radiator Mobil Yang Baik



Tips merawat radiator mobil 
Radiator adalah sesuatu bagian penting bagi kendaraan yang tidak dapat di pisahkan. Karena jika radiator mengalami masalah, bukan tidak mungkin mesin dari kendaraan tersebut juga akan mengalami masalah.

Seperti halnya suhu mesin mobil Anda menjadi cepat panas, dan lain sebagainya. Untuk perawatan radiator sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja sebagian dari kita memang jarang pemperhatikan hal-hal seperti ini.

Tapi muda-mudahan setelah Anda membaca blog ini, Anda dapat merawat radiator kendaraan Anda secara rutin dan teratur.

Karena, pada artikel kali ini saya akan membagikan cara merawat radiator mobil agar tetap berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Berikut beberapa tip dan cara perawatannya: 

1. Memeriksa bagian selang radiator 

selang radiator adalah berfungsi untuk mengalirkan air dari radiator menuju mesin kendaraan. Untuk perawatan harian, Anda sebaiknya selalu memeriksa radiator saat hendak menyalakan kendaraan.

Dan pastikan air radiator tidak berkurang, lalu pastikan juga selang radiator tidak bocor. Dan untuk memeriksa kebocoran pada selang radiator, sebaiknya Anda menyalakan mesin kendaraan.

Karena, biasanya radiator akan bocor pada sambungan selang radiator saat mesin kendaraan di nyalakan.

Jika selang radiator bocor, maka air radiator akan habis secara perlahan-lahan hal ini biasanya tidak kita sadari. 

2. Membersihkan kisi-kisi bagian luar 

Kisi-kisi bagian luar radiator berfungsi mengalirkan angin sebagai pentilasi pendingin pada air radiator.

Dan jika kisi-kisi banyak terdapat debu dan tersumbat, maka aliran atau sirkulasi udara tidak akan berfungsi dengan baik. Dan hal ini dapat mengakibatkan kurangnya fungsi dari kinerja radiator itu sendiri.

Dan untuk langkah pembersihannya, Anda bisa menggunakan sekat gigi yang halus lalu Anda bisa menyikatnya dengan perlahan-lahan dan usahakan agar tidak merusak bagian kisi-kisi tersebut. Karena kisi-kisi radiator sangat mudah bengkok jika terlalu Anda tekan.


3. Menguras radiator dan membersihkan bagian dalam radiator 

Untuk melakukan pengurasan radiator, sebaiknya Anda bisa melakukannya 10bulan hingga 1tahun sekali hal ini guna membersihkan karat dan kerak air yang terdapat pada dinding radiator.

Dan untuk pengurasan sebaiknya di lakukan di saat mesin sedang dalam keadaan dingin berikut cara pengurasan radiator.

  • Buka penutup bagian saluran pembuangan air radiator, setelah itu Anda buka tutup pengisian air radiator pada bagian atas lalu biarkan airnya mengalir keluar hingga terbuang habis. 
  • Setelah airnya terbuang habis, maka tutup kembali saluran pembuangan bagian bawah dengan rapat. 
  • Lalu isi cairan penguras radiator Plus dan tambahkan air bersih hingga penuh. Dan saluran pengisian air bagian atas biarkan terbuka, lalu nyalakan mesin kendaraan selama 15-20 menit dan diamkan apabila air berkurang maka Anda bisa kembali menambahkannya 
  • Setelah 20 menit, matikan mesin kendaraan. Lalu buang kembali air tersebut dan setelah habis, maka isi kembali radiator yang sudah di bersihkan dengan menggunakan radiator coolant. 

4. Periksa kipas pendingin dan cover penutup kipas radiator 

Kipas radiator berfungsi sebagai penyuplai udara untuk mendinginkan radiator itu sendiri. Dan pastikan juga kipas radiator dalam keadaan baik. Dan begitu juga dengan cover pada kipas radiator tersebut, agar tetap rapat dan terpasang dengan baik. Jika terdapat celah kebocoran angin pada cover kipas radiator, maka pendingin tidak berfungsi dengan baik. 

5. Periksa klam pada selang radiator 

Biasanya kebocoran pada selang radiator yang di sebabkan klam pengikat selang tidak berfungsi dengan baik. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda segera mengganti klamnya dengan klam yang baru agar tidak terjadi kebocoran pada selang. 

6. Periksa juga karet seal pada penutup radiator 

Jangan lupa untuk memeriksa karet seal tutup yang terdapat pada bagian penutup atas radiator. Jika karetnya mengalami kebocoran, maka Anda juga harus segera menggantinya. Untuk itu, periksa selalu karet tersebut, agar tetap berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa Cara Merawat Radiator Mobil bagi Anda yang ingin merawat radiator sendiri, mungkin beberapa cara ini dapat mempermudah Anda untuk mengerjakannya dan semoga informasi ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Cara Merawat Radiator Mobil Yang Baik"

Posting Komentar