Cara Merawat Spray gun Yang Baik

Cara perawatan spray gun 
Spray gun adalah perlengkapan yang cukup penting bagi kita yang berprofesi sebagai mekanik cat hal ini juga sudah menjadi modal utama sebagai penunjang untuk menghasilkan pekerjaan yang maksimal.

Namun, hal ini juga bisa menjadi masalah jika kita salah dalam merawat dan menanganinya. Kali ini Saya akan berbagi informasi bagaimana cara dan panduan untuk merawat spray gun agar tidak bermasalah.

Pada umumnya cara perawatan spray gun tidaklah sulit, hanya saja terkadang kita merasa capek atau karena faktor lain hingga kita biasanya kurang memperhatikan persoalan-persoalan seperti ini.

Untuk urusan kebersihan mungkin peralatan yang satu ini bisa dikatakan sangat sensitive, karena sedikit saja kotoran tertinggal di dalamnya maka efeknya sangat besar.

Seperti halnya cat tidak rata, cat numpuk dan blorok atau lain sebagainya. Bayangkan saja kalau pekerjaan yang kita kerjakan dengan berhati-hati, harus mengalami kegagalan lantaran karena kesalahan-kesalahan sepele.

Baiklah sebelum kita melangkah pada cara membersihkan spray gun, maka terlebih dahulu kita mencari tau bagaimana cara memilih spray gun yang baik untuk karakter kita masing-masing.

l. Memilih spray gun yang cocok. 
Untuk memilih spray gun, pilihlah spray gun yang cocok pada karakter tangan Anda. jangan pernah memilih hanya melihat dari tampilannya saja dan saat membeli sebaiknya kita pelajari buku petunjuk penggunaannya.

Namun jika buku petunjuknya sudah hilang dan lain sebagainya, sebaiknya Anda tanyakan kepada yang lebih mengerti tentang produk spray gun tersebut. Akan tetapi, pada umumnya produk spray gun biasanya sama saja hanya terkadang ada yang sedikit berbeda pada letak setelan spuyernya saja.

Untuk cara-cara perawatan yang dapat di terapkan pada berbagai macam produk spray gun, Anda bisa menyimak beberapa tips Cara Merawat Spray gun Yang Baik berikut ini. 

2. Cara membersihkan bagian nozzle spray gun 
Berikutnya perhatikan pada nozzle spray gun tersebut, karena bagian nozzle spray gun adalah hal yang paling utama yang harus Anda bersihkan.

Untuk melakukan langkah pembersihan pada nozzle spray gun, biasanya sangatlah mudah. Namun hal ini haruslah di lakukan dengan cara berhati-hati agar tidak menimbulkan masalah-masalah baru nantinya. Berikut cara membersihkan pada bagian nozzle spray gun,
  • pertama buka penutup nozzle spray gun dengan cara putar bagian tutup nozzle menggunakan tangan, setelah di buka rendamlah dengan menggunakan thiner namun bagian yang ada karet atau plastiknya jangan ikut di rendam karena hal ini akan mengakibatkan karet akan mudah rusak jika terlalu sering terkena thiner. 
  • Berikutnya buka jarum spuyer cat yang terdapat di bagian belakang spray gun, lalu bersihkan menggunakan thiner dan sikat gigi bekas sampai benar-benar bersih dan pastikan tidak meninggalkan kotoran. 
  • Kemudian, buka bagian filter leher tabung bagian atas karena di sini biasanya sangat banyak terdapat kotoran yang mengeras. 
  • Selanjutnya pasang kembali peralatan spray gun dengan benar lalu isi spray gun dengan thiner kira-kira ¼ tabung spray gun, kemudian pasangkan pada selang kompresor lalu semprotkan thiner tersebut dengan cara menutup bagian depan nozzle menggunakan tangan dan semprotlah hingga sisa kotoran rontok. Setelah itu buang thiner yang sudah kotor tersebut dan lakukan hal tersebut hingga tiga kali. 

3. periksa kelayakan spray gun sebelum di gunakan 
Langkah selanjutnya tahap pengoperasian atau tahap penggunaan. Untuk tahap ini sebaiknya Anda lakukan tes atau uji coba terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut.

Pertama isi spray gun dengan cairan thiner, lalu semprotkan dan lihat semburan yang keluar dari nozzlenya usahakan dengan setelan ukuran bar yang maksimal dan semburannya tidak ada yang kosong atau ompong. Apabila masih terdapat sisi yang kosong, maka hal tersebut masih ada sisa kotoran yang tertinggal di dalamnya.

Lalu setel dengan setelan tekanan angin tinggi, atau pun tekanan angin rendah. Sebab jika spray gun kurang bersih, biasanya dengan setelan angin rendah semburan dari spray gun tidak merata.. Nah jika spray gun sudah dalam kondisi baik, maka rawatlah spray gun secara rutin agar tetap nyaman saat digunakan. Itu saja dulu tips-tips yang bisa Saya berikan pada kesempatan kali ini mudah-mudahan bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Merawat Spray gun Yang Baik"

Posting Komentar