Cara Perbaikan Bumper Mobil Penyok

Cara memperbaiki bumper mobil berbahan plastik yang penyok

Bumper mobil adalah bagian yang paling rawan terkena benturan apalagi kalau kita memiliki mobil yang cukup rendah (ceper) pasti sangat susah untuk menjaga agar tidak terkena benturan terkadang benturan pada bumper mobil dapat mengakibatkan baret, pecah hingga penyok.

Untuk memperbaiki bumper berbahan plastik yang penyok, sebenarnya bukanlah hal yang mudah karena hal tersebut cukup rumit untuk di lakukan. Namun semua itu akan mudah jika Anda sudah memahami bagaimana cara memperbaiki bumper mobil berbahan plastik yang penyok. 

Untuk melakukan perbaikan Anda cukup menyediakan perlengkapan pemanas seperti hairdryer, dan kunci set guna untuk melepaskan bumper dari body mobil itu sendiri. Untuk memulai pekerjaan tersebut Anda tidak perlu tenaga ahli atau mekanik khusus untuk membantu Anda. Dan Anda dapat melakukannya sendiri tanpa ada bantuan orang lain. Nah bagaimana caranya? Mari kita simak beberapa tips berikut ini:

1. Tahap pertama pelepasan bumper dari body kendaraan (jika di perlukan) 
Hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah, melepaskan bumper dari body mobil jika penyok peda bumper sulit di jangkau. Dan untuk melepaskan bumper Anda dapat menggunakan peralatan seperti obeng cengkeh, obeng pipih dan kunci 10 shock atau 10 ring lalu lepaskan baut bumper satu persatu dan untuk clip bumper serta liner fendernya. Dan untuk liner fendernya Anda dapat membukanya menggunakan obeng pipih hingga bumper terlepas dengan baik. 

2. Tahap pemanasan bagian bumper yang penyok
Untuk pemanasan bagian penyok pada bumper Anda dapat menggunakan hairdryer (jika ada). Namun jika tidak ada, Anda dapat menggunakan kertas Koran bekas dengan cara di gulung hingga berbentuk memanjang. Lalu bakar bagian ujung Koran tersebut hingga menyala kemudian panaskan bagian bumper yang penyok hingga permukaan bumper lunak. Namun perlu di ingat sebaiknya lakukan pemanasan dari bagian dalam bumper hal tersebut bertujuan agar cat pada bumper tidak mengalami kerusakan. 

3. Mengembalikan penyok pada bumper seperti keadaan semula Apabila permukaan bumper sudah lunak atau dapat di tekan maka lakukan penekanan pada bagian yang penyok dengan menggunakan kayu atau benda lainnya. Dengan cara, di urut dengan perlahan-lahan setelah bumper kembali normal sebaiknya Anda lakukan pendinginan pada bumper yang dalam keadaan panas tersebut menggunakan air biasa.

Hal tersebut bertujuan agar bumper yang sudah normal, tidak kembali penyok. Karena apabila Anda biarkan dingin dengan sendirinya, maka penyok yang sudah di perbaiki akan penyok kembali (mengulang). Untuk penyok yang terdapat pada penggir atau pada ujung bumper, sebaiknya Anda tidak perlu melepaskan bumper secara keseluruhan.

Anda cukup melepaskan liner fender yang terdapat pada bagian atas roda saja. Karena jika Anda tetap melepaskan bumper tersebut, maka tingkat kesulitan pada pekerjaan ini adalah bongkar pasang pada bumper itu sendiri. Namun jika penyok terdapat pada bagian bumper belakang, Anda memang harus melepaskannya. Karena pada bumper bagian belakang, tidak terdapat ruang untuk melakukan pemanasan pada bumper yang penyok tersebut.

Berikutnya tak lupa juga Saya ingatkan saat melepaskan bumper sebaiknya lakukan dengan berhati-hati dan selalu perhatikan perlengkapan bumper yang sudah Anda lepaskan. Seperti halnya baut, klip dan lain sebagainya karena apabila ada perlengkapan pada bumper yang hilang maka hal ini akan menyulitkan Anda sewaktu pemasangan bumper itu sendiri.

Demikian sedikit informasi yang dapat Saya bagikan pada kesempatan kali ini semoga informasi ini dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "Cara Perbaikan Bumper Mobil Penyok"

Posting Komentar