Tips Belajar Mengendarai Mobil Matic Bagi Pemula

Mobil matic adalah mobil yang cukup simple untuk di kendarai, kebanyakan orang mengatakan mobil matic adalah mobil cewek.

Namun meskipun demikian, untuk belejar mengendarai mobil matic bukanlah perkara yang mudah. Karena, apabila kita tidak memahaminya secara detil bisa saja hal tersebut dapat menimbulkan masalah bagi kita.

Untuk belajar mengendarai mobil matic, sebaiknya Anda terlebih dahulu dapat mengenal fitur-fitur dari mobil matic itu sendiri berikut berserta fungsi-fungsinya.

Akan tetapi apabila Anda mempunyai cukup banyak waktu, Anda bisa belajar mengendara di tempat kursus mengemudi. Karena, hal tersebut dapat mempermudah Anda dalam belajar mengendara dan resikonya pun tidak terlalu tinggi. Bagi Anda yang berniat belajar sendiri mungkin di sini Saya dapat memberikan sedikit informasi mengenai Tips Belajar Mengendarai Mobil Matic Bagi Pemula berikut beberapa tips dan cara-caranya. 

1. Tahap pengenalan fitur-fitur yang terdapat pada mobil matic 

Fitur-fitur pada mobil matic umumnya sangat berbeda dengan mobil non matic. Pada bagian pedal mobil matic hanya terdapat dua pedal, yaitu pedal gas terdapat pada bagian kanan dan pedal rem terdapat pada bagian kiri. Akan tetapi lain halnya untuk mobil Honda freed, Honda freed akan terdapat tiga pedal akan tetapi satu pedal yang di maksud adalah pedal rem tangan yang terletak pada pedal yang paling kiri tepat dengan posisi kopling pada mobil non matic.

Namun fungsinya, sama saja dengan rem tangan pada umumnya hanya letak pedalnya saja yang berbeda. Berikutnya handle gigi atau tuas transmisi, untuk tuas transmisi mobil matic juga sangat jauh berbeda dengan mobil non matic untuk mobil non matic formasi gerakannya menyerupai sisir, namun untuk mobil matic formasinya gerakannya akan kedepan dan ke belakang saja. 

2. Memahami fungsi-fungsi dari fitur-fitur mobil matic 

Untuk beberapa fungsi dari fitur mobil matic yang dapat anda pahami adalah sebagai berikut: tuas transmisi yang menunjukan huru P berfungsi apabila anda sedang di dalam keadaan parkir. Karena, apabila tuas tidak berada dalam posisi P maka kunci tidak dapat di cabut. Berikutnya ada posisi yang menunjukan huruf R, dan posisi tersebut guna untuk apabila Anda hendak mundur.

Lalu berikutnya ada yang menunjukan huruf N, ini di gunakan untuk stop sementara. Namun, posisi mesin masih dalam keadaan menyala. Selanjutnya tuas transmisi yang menujukan huruf D, ini di gunakan untuk apabila kecepatan sudah di atas 40km/jam. Dan tuas ini juga guna untuk kondisi jalan yang tidak ada tanjakan dan lurus. Kemudian ada tuas transmisi yang menunjukan angka 2, ini berfungsi untuk melalui janjakan yang tidak terlalu berat.

Karena, transmisi tersebut agak sedikit ringan. Lalu selanjutnya ada huruf L, ini juga di gunakan untuk medan tanjakan namun yang ini guna untuk tanjakan yang berat dan curam serta juga turunan yang curam. Karena, dengan posisi transmisi ini juga akan berguna sebagai pengereman atau break engine. 

3. Berikut untuk belajar cara mengendarai mobil matic 

Belajar mengendarai mobil matic yang pertama harus Anda perhatikan saat menyalakan kendaraan, saat menyalakan kendaraan Anda terlebih dahulu untuk menginjak pedal rem dan tekan pedal rem hingga kendaraan dapat di starter. Lalu tahan pedal rem, jika kendaraan sudah menyala. Namun jangan terlalu di tekan, hanya menahan agar kendaraan tidak melaju mendadak saat di pindahkan transmisinya.

Selanjutnya non aktifkan handle rem tangan, dan pindahkan tuas transmisi sesuai dengan keinginan Anda. Lalu lepas pedal rem dengan perlahan, jika kendaraan belum melaju tekan sedikit pedal gas. Jika Anda sudah dapat menyeimbangkan gas, maka Anda akan terasa lebih mudah untuk mengatur kecepatan laju kendaraan.

Berikut yang perlu juga Anda perhatikan dengan baik adalah, jika Anda ingin berhenti jangan menginjak rem secara langsung di tekan. Karena, kendaraan akan berhenti secara mendadak meskipun kendaraan sedang melaju dengan kecepatan sedang. Sebaiknya, Anda mengijak pedal rem dengan perlahan-lahan agar kendaraan tidak berhenti secara mendadak.

Dan untuk beberapa metode di atas, sebenarnya itu hanya metode dasar karena masih banyak lagi yang mesti Anda pelajari. Namun, hal tersebut tidak dapat Saya jelaskan secara panjang lebar dan lebih detil lagi. Saya rasa dengan beberapa tips di atas cukup untuk sekedar pembelajaran bagi Anda yang masih pemula untuk mengendarai mobil matic.

Demikian informasi yang dapat Saya share pada kesempatan ini semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.


0 Response to "Tips Belajar Mengendarai Mobil Matic Bagi Pemula"

Posting Komentar