Ukuran Ban Dan Cara Memilih Ban


Ban adalah bagian yang terpenting dari sebuah kendaraan dimana fungsi dan kegunaan ban adalah sebagai alat berjalan pada kendaraan. Jika kita berbicara mengenai ban baik itu mobil ataupun sepeda motor, tentunya tak lepas juga dari keamanan dan kenyamanan di saat kita menggunakan kendaraan itu sendiri. Mengapa tidak?

Bayangkan saja kalau kita menggunakan ban kendaraan yang kualitasnya kurang memadai, maka hal tersebut akan sangat berpengaruh disaat kita menempuh perjalanan jauh dengan situasi cuaca yang tidak menentu dan situasi jalanan juga tidak dapat kita pastikan. Untuk menempuh perjalanan jauh sebenarnya banyak yang mesti kita bekali untuk kendaraan kita terutama pada ban.

Untuk memilih kualitas ban disini kita perlu ketelitian jangan karena harga murah lalu kita memilih untuk membeli ban tersebut. Ban yang berharga murah mesti kita pertimbangkan kualitasnya namun, bukan berarti semua ban yang berharga murah kualitasnya tidak baik. Tidak demikian karena, masih ada kok ban kualitasnya cukup memenuhi standard tapi harganya cukup terjangkau.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat mambeli ban adalah ukuran ban. Untuk ukuran ban sebaiknya Anda memilih ukuran ban yang pas contoh sebagai berikut: 195/55/R15 ini menunjukan bahwa, pada angka 195 adalah ukuran lebar pada ban dengan satuan millimeter. Dan pada angka 55 ini menunjukan ke tebalan ban hal ini dipersentasekan pada ukuran lebar ban tersebut.

Lalu ada angka R15 dan ini menunjukan bahwa (ring 15) yang berarti untuk ukuran velg 15. Bagi Anda yang ingin mengganti ban terutama pada ban mobil Anda sebaiknya Anda memperhatikan petunjuk yang sudah di rujuk oleh produk kendaraan milik Anda sendiri. Hal tersebut sudah tertulis pada buku petunjuk pada produk kendaraan khususnya mobil. Namun apabila anda kurang memahami petunjuk tersebut berikut uraiannya. 

1. Variasi Ban 
Variasi ban adalah, ukuran P195/55/R15 84V. P pada bagian depan merupakan symbol dari (Passenger) ini berarti ban tersebut diperuntukan bagi mobil berpenumpang. Misalnya, LT (Lite Truck) mengarah pada ban yang biasanya digunakan pada mobil truk yang beratnya sedang dan tidak terlalu berat, ST (Special Trailer) untuk mobil trailer dan ini biasanya di gunakan bagi mobil berat, T (Temporary) untuk ban cadangan atau ban serep. Sedangkan R berarti jenis ban radial. Pada umumnya ban ini terdapat 2 jenis, jenis radial dan bukan radial (biasa). Secara keseluruhan tidak ada bedanya, hanya saja konstruksi pada ban yang sedikit berbeda. 

2. Pola Tapak pada Ban
Bentuk kembang atau pola tapak ban menentukan daya cengkram dan juga daya lengket saat pengereman. Tapak yang baik adalah yang didesain normal. Untuk memberikan kenayamanan didalam berkendara sehari-hari maka, hal ini perlu juga Anda perhatikan. Dengang desain kembang yang memiliki alur V ini dapat mencengkram dengan baik dan sangat berpengaruh terhadap kondisi jalanan yang basah. Ban alur ini juga mampu mereduksi suara dari putaran ban. Kelebihan ban jenis ini adalah mudah untuk di kendalikan saat jalanan memiliki tikungan tajam. 

3. Kode Kecepatan Pada Ban 
Seperti halnya kinerja mesin, kinerja ban pun memiliki keterbatasan. Perhatikan huruf yang tertera pada didinding ban. Walaupun, hal ini dimaksudkan bagi mobil ber-spesifikasi untuk mobil balap. Tapi jika Anda mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi atau kecepatan maksimum, maka ban akan mengalami peningkatan suhu akibat berputar dengan kecepatan tinggi.

Dan pastikan ban tersebut memiliki ketahanan disaat mengalami peningkatan suhu. Demikianlah beberapa hal mengenai ban serta mengetahui ukuran-ukuran ban semoga informasi ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Ukuran Ban Dan Cara Memilih Ban"

Posting Komentar