Cara Mengatasi Cat Mobil Kusam

Memiliki mobil adalah harapan dari semua orang tentunya. Namun, dengan mempunyai sebuah mobil bukanlan berarti kita bisa bersantai dan tidak melakukan perawatan terhadap mobil itu sendiri.

Nah jika berbicara mengenai perawatan mobil tentunya tak akan ada habisnya, mulai dari yang namanya perawatan body exterior hingga perawatan mesin. Untuk melakukan perawatan pada mobil itu sendiri umumnya terbagi beberapa jenis perawatan ada perawatan harian, dan ada juga yang namanya perawatan berkala atau berjangka panjang.

Untuk perawatan jangka panjang sebenarnya bergantung pada perawatan harian mengapa dikatakan begitu? Bagi mobil yang selelu dirawat setiap harinya ini sangat berbeda dengan mobil yang minim akan perawatan harian. Dan dengan demikian mobil yang selalu di rawat jika melakukan perawatan berjangka maka, untuk biaya perawatannya tidak terlalu besar.

Namun, lain halnya dengan mobil yang kurang akan perawatan, biasanya biaya perawatannya jauh lebih tinggi jika di bandingkan dengan mobil yang selalu dirawat. Belum lagi kita harus menanggung berbagai macam resiko kerusakan serta penampilan mobil yang terkesan cepat tua.

Baiklah pada segmen ini Saya akan coba share mengenai perawatan harian terhadap body exterior yaitu, cara perawatan untuk mengatasi cat mobil kusam. Cat mobil kusam atau kurang mengkilap hal ini di sebabkan banyak factor mulai dari jamur body hingga parasit lainnya. Dan untuk mengatasinya berikut beberapa langkah cara atau tehnik Mengatasi Cat Body Mobil Yang Kusam

1. Lakukan Pencucian Pada Body Mobil 

Hal pertama yang harus Anda lakukan mencuci body mobil guna untuk menghilangkan debu serta butiran pasir yang menempel pada body mobil, cucilah permukaan hingga bersih dan untuk hasil mencuci agar lebih maksimal gunakan shampoo mobil/ car wash. 

2. Keringkan Body Mobil Hingga Benar-benar Kering 

Langkah selanjutnya keringkan permukaan body dengan menggunakan lap yang berbahan chamois (kanebo), keringkan hingga benar-benar kering. 

3. Pastikan Penyebab Cat Mobil Kusam 

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memeriksa penyebab dari cat mobil bisa kusam. Apabila cat kusam di sebabkan oleh jamur, maka Anda bisa menggunakan bahan pembersih kerak boby (jika ada). Namun jika Anda tidak memiliki kerak body, anda bisa menggunakan compound dan Anda bisa melakukannya dengan cara memoles body bagian yang kusam tersebut.

Berikut cara memolesnya. 

  • Tempatkan mobil pada posisi yang terlindung dari sengatan sinar matahari atau di tempat teduh 
  • Oleskan compound dengan rata pada permukaan body mobil yang kusam namun jangan terlalu tebal
  • Berikutnya gosok menggunakan mesin poles (jika ada). Apabila Anda tidak memiliki mesin poles, Anda cukup memolesnya menggunakan kain yang halus. Namun untuk memoles tidak menggunakan mesin poles, Anda harus lebih sabar. karena, pemolesan dengan cara manual akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan akan dilakukan secara berulang kali. 

4. Warna Cat Jadi Pudar Dan Tidak Bercahaya 

Apabila cat mobil Anda kusam akibat warna yang memudar, Anda juga dapat melakukan pemolesan. Namun untuk melakukan pemolesan sebaiknya Anda bisa mengampelas permukaan body terlebih dahulu dengan menggunakan ampelas yang halus. Dan untuk ampelas Anda bisa menggunakan ampelas nomor 2000. Dan lakukan pengampelasan hingga permukaan tidak terdapat pori-pori dan selanjutnya lakukan pemolesan seperti hal di atas. 

Nah itulah beberapa cara sederhana yang dapat mengatasi cat body mobil kusam. Namun beberapa cara di atas tersebut itu hanya sebagai alaternatif saja jika Anda tidak memiliki bahan khusus untuk membersihkan kerak body. Akan tetapi jika Anda selalu melakukan pencegahan dan perawatan harian, mungkin cat mobil Anda tidak akan mengalami hal seperti diatas. Maka dari itu lakukanlah pencegahan sebelum Anda mendapatkan masalah seperti diatas.

Oh iya jangan lupa setelah dipoles menggunakan compound, berikan sedikit sillicone atau bisa menggunakan kit wax gosok hingga rata agar hasil lebih sempurna.

0 Response to "Cara Mengatasi Cat Mobil Kusam"

Posting Komentar