Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Seribu Atau Berkerut

Cat mobil retak seribu – pada umumnya cat mobil yang mengalami retak seribu, akan menyerupai permukaan yang pecah kecil-kecil.

Namun hal ini bukanlah permukaan cat yang pecah, melainkan permukaan cat yang mengalami kerutan akibat perawatan yang kurang baik atau factor lainnya. Cat mobil akan mengalami hal semacam ini, biasanya apabila cat mobil tersebut sudah dilakukan pengecatan ulang.

Seperti halnya mobil sudah pernah ganti warna atau perbaikan ulang seperti sevice body lainnya. Namun jangan salah dulu, tidak semua bengkel yang memperbaiki ulang sebuah kendaraan akan menghasilkan hal yang sama seperti ini. karena hal ini bisa saja, kesalahan saat melakukan pengerjaan. 

Cat mobil akan mengalami kerutan atau semacam retakan kecil-kecil, apabila mobil dalam kondisi terlalu sering terkena hujan dan panas terik. Dengan kualitas cat yang boleh di katakan kurang baik, maka cat tersebut tidak akan bertahan lama saat menghadapi kondisi cuaca seperti ini. Dan cat mobil akan mengalami gejala seperti kusam, berkerut serta permukaan cat terlihat mati dan tidak bercahaya lagi.

Untuk gejala seperti ini, biasanya kerap terjadi pada panel kap mesin pada mobil. Karena pada panel kap mesin, suhunya jauh lebih tinggi jika di bandingkan pada panel body yang lain. Untuk memecahkan masalah seperti ini, sebenarnya sangatlah rumit. Karena, untuk mengatasinya tidak cukup dengan cara memolesnya saja dan untuk mengatasi masalah ini perlu penanganan secara serius.

Namun, apabila anda memiliki perlengkapan body repair yang cukup mungkin Anda bisa untuk mencobanya sendiri, apalagi Anda juga punya sedikit pengetahuan tentang body repair tentunya hal ini tidaklah sulit. Melakukan perbaikan pada cat body mobil yang mengalami hal seperti ini, sebenarnya tidak terlalu memerlukan perlengkapan khusus.

Hanya saja yang terpenting adalah, Anda sudah memiliki cat yang warnanya sama dengan cat yang lama pada mobil itu sendiri jika yang akan di perbaiki hanya satu atau dua panel saja. jika yang akan Anda perbaiki sudah hampir menyeluruh pada body mobil tersebut, maka Anda tidak perlu menggunakan cat yang terlalu sama dengan cat lamanya. Karena, pada intinya cat yang lama nantinya akan tertutup dengan cat yang baru. Untuk memulai pengerjaannya anda bisa menyimak beberapa ulasan cara pengerjaannya berikut ini. 

1. Bersihkan permukaan body yang mengalami retak atau berkerut 

Untuk membersihkan pada permukaan panel body, Anda sebaiknya menggunakan gerinda. Namun untuk mata gerinda ganti dengan menggunakan mata yang memiliki sikat kawatnya. Jika Anda tidak memiliki perlengkapan tersebut, Anda cukup membersihkannya dengan menggunakan scrub kape yang tajam dengan cara mengeroknya hingga cat yang mengalami keretakan hilang atau bersih. 

2. Ampelas permukaan menggunakan ampelas kasar 

Lalu lakukan pengampelasan dengan menggunakan ampelas kasar. Agar elemen cat yang mati terbuang habis maka akan tersisa permukaan yang bersih dan tidak ada lagi unsure cat yang mati. Untuk melakukan pengampelasan gunakan ampelas yang bernomor 80 

3. Lakukan pendempulan tipis ( jika di perlukan ) 

Jika permukaan terdapat tidak rata setelah dilakukan pengikisan, maka sebaiknya anda melakukan pendempulan tipis seperti layaknya mendempul body mobil pada umumnya. Lalu setelah dilakukan pendempulan, jangan lupa di lakukan pengecatan epoxy seperti halnya untuk melakukan proses pengerjaaan pada body mobil seperti biasanya. 

4. Pengecatan pada permukaan body mobil 

Yang terakhir lakukan pengecatan seperti halnya juga pengecatan pada body mobil. Pada tahap pelapisan pernis, usahakan pernis tidak tercampur dengan cat. Karena, hal ini juga dapat menyebabkan cat retak seribu dan cat tidak akan dapat bertahan lama dalam segala kondisi.

Untuk bahan cat sebaiknya anda tidak menggunakan cat NC jika untuk cat jadinya. Sebaiknya gunakanlah cat piyu untuk hasil yang lebih baik. Karena, cat piyu sangat mudah didalam proses pengerjaannya.


0 Response to "Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Seribu Atau Berkerut"

Posting Komentar