Tehnik Las Listrik Bagi Pemula

Tehnik Las Listrik pengelasan adalah system penyambungan besi antara satu dengan yang lain. Jika kita ingin mendalami semua penertian tentang pengelasan, cukup banyak jenis-jenis dan metode pengelasan mulai dari las listrik, las asetyline dan lain sebagainya.

Untuk pengelasan dengan menggunakan las listirk sendiri, umumnya digunakan pada system penyambungan besi atau baja yang tebal. Karena, pengelasan cara ini biasanya system pengelasan yang dihasilkan dari tenaga listrik yang memiliki tegangan cukup tinggi.

Untuk mengerjakan las listrik sendiri haruslah dilakukan dengan cara sesuai prosedur. Karena, resiko dari sinar yang di pancarkan pada saat dilakukan pengelasan itu sediri cukup berbahaya. Baiklah sebelum kita mengetahui lebih lanjut mengenai bagai mana cara untuk menggunakan las listrik, sebaiknya ada beberapa prosedur keamanan yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. 

  • Prosedur Keamanan Pertama. Menggunakan masker dan kedok dengan warna kaca yang cukup gelap dan pekat, hal ini guna mencegah wajah dan mata Anda terkena sinar radiasi yang di timbulkan las listrik itu sendiri.
  • Prosedur Keamanan Kedua. Menggunakan sarung tangan yang terbuat dari kulit yang sifatnya anti bakar. Karena, ini juga dapat melindungi kulit tangan Anda terkena percikan api dari las listrik tersebut. 
  • Prosedur Keamanan Ketiga. Menggunakan pakaian tertutup yang menutupi seluruh bagian tubuh Anda, ini juga bertujuan melindungi kulit anda agar terhindar dari sengatan sinar radiasi pada las listrik itu juga. 
  • Prosedur Keamanan Yang Keempat. Gunakanlah pelapis dada yang sedikit tebal,hal ini bertujuan untuk menjaga organ dalam tubuh Anda agar tidak tertembus radiasi itu sendiri. 

Nah jika Anda sudah terlanjur terkena radiasi pada mata Anda, sebaiknya segeralah Anda antisipasi hal tersebut untuk pergi ke dokter. Agar mendapatkan perawatan lebih baik dan mata Anda tidak mengalami efek radiasi dari las listrik tersebut. Namun perlu diingat, sebaiknya jangan menunggu terlalu lama jika anda sudah terkena radiasi tersebut. Baiklah berikutnya Saya akan jelaskan apa yang sudah Saya sebut diatas, bagaimana cara menggunakan las listrik dengan baik. Berikut langkah-langkahnya. 

1. Penyetelan Tegangan Pada Travo Las Listrik. Langkah pertama yang harus Anda lakukan, menyalakan travo dalam keadaan on. Lalu menyetel tegangan pada travo las tersebut, agar tegangan disesuaikan dengan ketebalan besi yang akan Anda sambungkan. Bagi Anda yang masih tergolong pemula, sebaiknya gunakan potongan besi yang tidak terpakai guna dilakukan tahap belajar. 

2. Hubungkan Besi Yang Akan Anda Sambungkan Kepada Kabel Ground Dengan Baik. Hal ini guna untuk mendapatkan pengelasan yang baik juga. Perlu diingat untuk menghubungkan kabel ground, usahakan kabel menempel dengan kuat jika tidak hal ini akan berpengaruh tehadap hasil pengelasan itu sendiri. 

3. Jepitlah Kawat Las Listrik Pada Setang Las. Untuk melakukan penjepitan lakukan dengan cara yang tepat, hal ini agar menghindari kawat las akan bergeser saat melakukan pengelasan. 

4. Melakukan Pengelasan. Untuk memulai pengelasan, Anda dapat melakukan dengan menyentuh unjung kawat las tersebut pada besi yang sudah di tempelkan dengan kabel ground dengan cara perlahan-lahan perkirakan tidak terlalu di temple dan tidak terlalu mengambang. Karena jika terlalu menempel, hal ini akan membuat kawat lengket pada besi tersebut dan hasilnya tidak akan baik. 

5. Mengatur Pengelasan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya gerakan posisi kawat sesuai dengan jarak besi yang akan di sambungkan itu sendiri. Dan untuk system pengelasan sendiri terbagi dari berbagai system mulai dari system vertical hingga system horizontal.

Biasanya untuk pengelasan pada besi yang tebal, agar mendapatkan hasil pengelasan yang kuat maka hal tersebut perlu dilakukan dengan system pengelasan yang tepat. Itulah beberapa tips yang perlu anda perhatikan. Jika Anda masih pemula, maka hal ini akan membutuhkan kesabaran.

Karena untuk dapat menguasai tehnik las listrik yang baik, itu sangat membutuhkan pengalaman yang baik pula. Oke jika Anda sudah memahaminya dengan jelas, mungkin Anda bisa untuk mencobanya sendiri. namun perlu anda ingat dengan baik beberapa point penting yang dapat membantu Anda dalam tahap mempelajari tehnik las listrik dengan baik. Agar Anda tidak mengalami kesulitan untuk menguasai tehnik las litrik tersebut.

0 Response to "Tehnik Las Listrik Bagi Pemula"

Posting Komentar