Tips Merawat Motor Matic Injeksi

Tips Perawatan Motor Matic Injeksi-memiliki speda motor scooter matic memang banyak keunggulan, ditambah lagi dengan berbagai kenyamanan yang disajikan oleh kendaraan model masa kini ini sehingga membuat banyak orang lebih memilih beralih menggunakan kendaraan ini.

Mengendarai motor matic juga banyak kelebihannya contohnya saja orang yang belum bisa mengendarai sepeda motor sekalipun, jika belajar mengendarai motor dengan menggunakan motor matic maka ia akan bisa mengendarai sepeda motor dengan cepat.

Karena, dari sisi keseimbangan motor matic lebih mudah dikuasai dibandingkan motor jenis lainnya. 

Untuk perawatan sepeda motor scooter matic juga tergolong mudah, walaupun kita harus lebih rutin untuk mengontrol kondisi dari motor ini sendiri. Dalam perawatan sepeda motor scooter matic yang paling penting harus selalu kita perhatikan adalah, konsumsi dari bahan bakar motor itu sendiri. Apalagi kalau kita memiliki motor matic yang sudah dilengkapi dengan tenknologi injeksi, maka sebaiknya hal ini sudah menjadi perhatian utama demi menjaga ketahanan dari teknologi motor itu sendiri. 

Pada umumnya perawatan pada motor matic injeksi tidaklah sama dengan perawatan sepeda motor matic lainnya. Karena, sepeda motor matic injeksi memiliki filter bahan bakar yang lebih halus dibandingkan sepeda motor matic jenis karburator. Nah apabila Anda biasa mengisi BBM di tempat penjual bensin eceran, hal ini perlu Anda pertimbangkan lagi sebelum sepeda motor Anda mengalami masalah pada injeksinya.

Karena jika anda tidak selektif didalam hal konsumsi BBM bagi motor matic injeksi Anda, maka itu artinya sama saja Anda tidak menyayangi sepeda motor Anda sendiri. Pengertian dari injeksi juga mesti Anda pahami, walaupun Anda hanya sebatas mengerti setidaknya Anda dapat memperkirakan batasan-batasan yang terpenting bagi perawatan sepeda motor matic injeksi itu sendiri.

Agar suatu saat jika Anda mengalami kesulitan pada perawatan motor matic tersebut, Anda tau apa yang mesti Anda lakukan. Injeksi adalah system pembakaran yang menggunakan pengembunan bahan bakar pada ruang kepala piston.

Dimana hasil pengembunan itu sendiri dihasilkan dari injeksi tersebut. Nah jika filter pada bahan bakar terdapat sedikit gangguan atau bermasalah terhadap kebersihan bahan bakar itu sendiri, maka hal ini sangat berpengaruh besar terhadap pengembunan pada ruang pembakaran tersebut. Dan hal ini dapat menggangu kinerja dari injeksi itu sendiri, dan efeknya mesin motor akan menyala secara tidak stabil atau sering juga disebut dengan mesin ngadat. 

Selain itu juga, hal tersebut juga dapat berimbas pada ketahanan injeksi dan filter bahan bakar pada motor Anda sendiri. seperti halnya injeksi cepat rusak, hingga berakibat pada penggantian filter bahan bakar sekalipun. Karena, kedua komponen tersebut sangatlah sensitive jika berhubungan dengan urusan kebersihan bahan bakan.

Nah jika Anda berniat untuk membeli sepeda motor matic injeksi, sebaiknya Anda lebih memperhatikan hal-hal diatas tersebut terutama menjaga kebersihan bahan bakar motor agar tidak menibulkan masalah nantinya. Adapun untuk perawatan-perawatan lainnya, ini juga takkalah pentingnya dari perawatan-perawatan diatas. Seperti halnya mengganti oli, dan juga tune up lainnya. 

Untuk penggantian oli, sebaiknya Anda dapat melakukannya sesuai buku petunjuk dari produk motor itu sendiri. Begitu juga untuk urusan tune up, sebaiknya lakukanlah secara rutin dan berjangka. Namun ada baiknya jika anda melakukan tune up secara teratur 3 bulan sekali, hal ini guna memastikan kondisi dari kesehatan sepeda motor itu sendiri.

Untuk perawatan lainnya juga tidak lupa saya sarankan, seperti pemanasan sepeda motor sewaktu mesin dalam kondisi dingin atau juga sebelum sepeda motor dijalankan. Untuk melakukan pemanasan pada sepeda motor, sebaiknya lakukanlah dengan cara mengengkolnya atau menggunakan kick starter system.

Hal ini dilakukan guna agar memompa pelumas mesin yang sudah mengumpul pada bagian bawah mesin. Karena, mesin yang diistirahatkan dengan waktu yang lama maka pelumasnya akan mengalir dan tidak lagi membasahi komponen bagian dari mesin tersebut.

Selain itu juga hal tersebut dapat berfungsi sebagai pengaktifan terhadap kick starter itu sendiri. karena, sifat kick starter itu sendiri akan mudah rusak jika tidak digunakan dengan waktu yang lama. Itulah beberapa Tips Perawatan Motor Matic Injeksi pada kesempatan ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Merawat Motor Matic Injeksi"

Posting Komentar