Tehnik Memasang Kaca Mobil



cara pasang kaca mobil
Kaca Mobil – bagi anda yang memiliki mobil pribadi memang terkadang sedikit repot dalam menerapkan system perawatannya.

Ditambah lagi kita harus bolak balik ke bengkel karena masalah sepele pada mobil kita. Disisi lain tak sedikit orang beranggapan bahwa memperbaiki mobil cukup sulit, dan harus membutuhkan tenaga propesional.

Namun tidak demikian halnya jika mobil Anda hanya mengalami masalah-masalah kecil saja. seperti halnya mobil Anda mengalami pecah kaca dan lain sebagainya. Pada dasarnya untuk pemasangan kaca mobil tidaklah sulit untuk dilakukan, hanya saja Anda perlu beberapa orang untuk membantu Anda didalam proses pemasangan pada kaca tersebut nantinya. Untuk pemasangan kaca mobil yang menggunakan system lem, sebenarnya ini sangatlah mudah untuk dilakukan.

Karena pada kaca mobil yang modelnya seperti ini, sifatnya hanya menempel dan tidak masuk pada karet kaca. Jadi jika Anda ingin coba memasangnya sendiri, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Baiklah langsung saja kita simak langkah-langkah cara pemasangan kaca mobil yang menggunakan system lem. 

1. Melepaskan Komponen Yang Menghambat Saat Proses Bongkar Pasang Kaca 
Pada langkah awal anda harus melakukan pelepasan terhadap komponen yang dapat mengganggu saat Anda melakukan bongkar pasang terhadap kaca mobil itu sendiri, seperti contoh. 
  •  Kap motor atau panel kap mesin. 
  • Wiper kaca atau kipas hujan. 
  • Cowl panel atau panel panggangan sate yang menutupi setang wiper, dan letaknya persis dibelakang kap mesin. 
  • Tutup tiang kaca bagian dalam. Dan letaknya tepat pada tiang kaca bagian dalam cabin kiri dan kanan.
  • Karet list kaca. Karet list kaca terletak persis dibagian pinggiran kaca bagian luar.
Berikut cara-cara melepaskan komponen-komponen tersebut. 
  • Buka kap mesin agar posisi terangkat atau terbuka. 
  • Lepaskan baut yang berada pada bagian engsel kap mesin dan baut tersebut tedapat 4 buah 2 kiri dan dua kanan. 
  • Lalu lepaskan juga selang air wiper (jika selangnya berada pada kap mesin) 
  • Kemudian lepaskan setang wiper dengan melepaskan baut pada setang wiper, namun terlebih dahulu anda melepaskan tutup baut setang wiper dengan cara sedikit menconkelnya menggunakan obeng pipih yang kecil. 
  • Lalu selanjutnya melepaskan cowl panel. Untuk melepaskan cowl panel, anda dapat membuka klip penahan cowl panel yang terdapat pada bagian paling depan cowl panel tersebut dengan berhati-hati.
  • Berikutnya lepaskan juga penutup tiang kaca bagian dalam. Untuk melepaskan bagian ini anda cukup sedikit menariknya maka klipnya akan terlepas. 
  • Setelah itu anda dapat melepaskan karet list kaca dengan cara menariknya dari ujung dengan perlahan hingga terlepas dengan baik. 
2. Melepaskan Kaca Yang telah pecah 
Untuk melepaskan kaca Anda dapat menggunakan scrub kape yang tajam dan spray yang diisi air shampoo. Dengan cara semprotkan air shampoo pada pinggiran kaca bagian dalam, lalu masukan scrub kape yang tajam tersebut pada celah antara bibiran plat dudukan kaca dan kaca tersebut. Hal ini guna memutuskan lem pada pinggiran kaca yang menempel dengan kuat. Lakukan penyecrub-an hingga mengelilingi bagian kaca dan usahakan kaca hingga terlepas. 

3. Pemasangan Kaca Yang Baru
Setelah kaca yang lama terlepas dengan sempurna, maka langkah berikutnya adalah proses pemasangan kaca yang baru. Untuk melakukan pemasangan pada kaca yang baru, sebaiknya Anda lakukan pembersihan bekas lem yang lama yang terdapat pada plat bibiran dudukan kaca tersebut.

Selanjutnya, pasangkan terlebih dahulu karet list kaca yang Anda lepaskan sebelumnya pada kaca yang baru. Untuk pemasangannya, Anda harus menggunakan lem karet yang kualitasnya cukup baik agar saat dipasang karetnya tidak terlepas. Berikutnya pemasangan siler kaca.

Untuk pemasangan siler kaca sebaiknya gunakan siler kaca yang kualitasnya standard agar terhindar dari resiko kebocoran pada kaca mobil Anda.  Adapun cara pemasangannya sebagai berikut. 
  • Injekkan siler kaca menggunakanalat penginjek. Untuk mendapatkannya tersedia ditoko bangunan dan toko cat. 
  • Pasanglah siler kaca secara merata, dengan berukuran rata-rata sebesar jari kelingking orang dewasa. 
  • Setelah siler kaca terpasang dengan rapi, barulah anda memasang kacanya dengan berhati-hati. Untuk pemasangan kaca, sebaiknya paskan dulu kaca pada posisi pinggiran bingkai yang terdapat pada body mobil itu sendiri. lalu setelah pas tempelkan kaca dan jangan pernah mengangkatnya kembali. Karena jika anda mengangkatnya kembali, kaca akan mengalami kebocoran.
Nah setelah kaca terpasang dengan sempurna, selanjutnya anda beri penahan kaca dengan menggunakan tape agar kaca tidak mengalami turun sementara siler kaca kering. Dan sementara itu, Anda dapat memasang kembali komponen yang sudah Anda lepaskan sebelumnya dengan baik. Untuk menunggu silernya kering, sebaiknya anda tidak menggunakan mobil Anda tersebut dalam waktu beberapa jam agar siler pada kaca tersebut benar-benar kering.

Itulah tips dan tehnik memasang kaca mobil jika Anda kurang jelas, maka Anda dapat menghubungi kami pada halaman contact. Dan kami siap membantu Anda dalam melakukan pemasangan kaca pada mobil Anda.

Artikel Terkait

0 Response to "Tehnik Memasang Kaca Mobil"

Posting Komentar