Tips Mengatasi Ngantuk Saat Berkendara

tips berkendara saat ngantuk, otomotif, mobil
Berkendara Saat Ngantuk – mengantuk memang salah satu dari penyebab kecelakaan yang sangat umum. Namun , terkadang kita tidak menyadarinya bahwa kita sedang didera rasa kantuk yang luar biasa saat tengah menyetir mobil.

Nah saat-saat seperti inilah kita harus ekstra berhati-hati. Karena, terkadang juga kita sudah tau kalau kita sedang terserang rasa kantuk. Namun kita merasa bahwa kita mampu menahan rasa kantuk tersebut. Sehingga, tanpa kita sadari kalau mobil yang tengah kita kendarai sudah mengalami kecelakaan. Hal ini biasanya sering terjadi pada kasus kecelakaan pada umumnya.

Mengantuk memang suatu hal yang wajar, apalagi kondisi tubuh kita kurang fit alias tidak dalam kondisi prima. Namun, mengantuk juga dapat berakibat fatal bagi keselamatan Anda dan keluarga Anda. Jadi, ada baiknya jika anda mempersiapkan segala sesuatunya ketika anda hendak melakukan perjalanan jauh. Baiklah pada postingan kali ini Saya akan coba memberi tips bagaimana Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Berkendara

1. Senam kecil. Jika Anda mulai didera rasa kantuk, sebaiknya Anda mengenali tanda-tanda kantuk tersebut. Namun tanda-tanda kantuk tersebut, tergantung pada karakter orangnya masing-masing. Kalau saya sih biasanya yang paling umum adalah pikiran mulai kosong saat mengendara. Dan jika sudah ada tanda-tanda seperti ini, hentikan kendaraan Anda sejenak.

Lalu lakukan senam kecil seperti contoh, turun dari mobil lalu meluruskan pinggang dan melakukan gerakan-gerakan yang dapat mengendorkan otot yang tegang. Kemudian, melakukan gerakan pada rahang dengan cara membuka mulut lebar-lebar lalu menggerakan rahang bagian bawah kekiri dan kekanan. Jika Anda sudah sedikit rileks, barulah Anda mulai melanjutkan perjalanan. Namun ini bersifat sementara jika anda belum mendapatkan tempat untuk beristirahat yang cocok. 

2. Kumur-kumur Air Perasan Jeruk Nipis. Selain melakukan senam kecil, Anda juga bisa melakukan kumur-kumur dengan air perasan jeruk nipis. Anda cukup menyediakan perasan jeruk nipis yang dimasukan dalam botol kemasan air minum. Namun, harus perasan jeruk nipis murni tidak boleh dicampurkan air.

Dengan rasa asam yang cukup tinggi, maka hal ini akan membuat Anda segar kembali. Tapi ingat, jangan sampai air perasan jeruk nipis tersebut tertelan. Karena, hal ini akan membahayakan lambung Anda sebaiknya lakukan hanya untuk kumur-kumur saja. 

3. Mengunyah Cabai Rawit Merah. Berikutnya mengatasi kantuk dengan menggunakan cabai rawit yang merah, atau yang sering disebut cabe rawit merah. Jika anda mampu menahan pedas dari cabai tersebut, tidak ada salahnya jika anda mencoba cara ini. dengan cara, kunyah kira-kira tiga butir cabai rawit yang merah hingga halus. Lalu buang bekas kunyahan tersebut dan jangan sampai tertelan. Karena, jika anda sampai tertelan, bukan hanya dapat menghilangkan kantuk yang ada anda akan mengalami sakit perut. Dan memang tidak mengantuk lagi, karena anda akan mencari toilet he he. 

4. Merica bubuk. Selain beberapa cara diatas, Anda juga dapat menggunakan merica bubuk atau bisa juga merica butiran. Dengan cara, mengunyah merica butiran atau jika merica berbentuk bubuk Anda dapat menaruhnya pada mulut Anda lalu buang kembali jika sudah merasakan efeknya. 

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kantuk dengan mudah yang dapat Anda coba tentunya. Adapun cara-cara lain yang mungkin Anda miliki, ada baiknya juga jika Anda terapkan. Namun, jangan lupa selalu mempertimbangkan kesehatan Anda. Karena, disisi lain juga anda harus memperhatikan kesehatan pada diri anda sendiri

0 Response to "Tips Mengatasi Ngantuk Saat Berkendara"

Posting Komentar