Tips Mencegah Mobil Terbakar



Mencegah Terjadinya Kebakaran Pada Mobil – mengendarai mobil akan terasa nyaman jika kita mengendarai mobil dengan kondisi mobil yang benar-benar meyakinkan.

Meyakinkan dalam artian adalah, mobil dalam kondisi sehat dan tidak kurang suatu apapun. Mungkin banyak orang mengira bahwa kondisi mobil sudah dianggap sehat, jika mobil bisa menyala dan bisa jalan normal.

Namun tidak demikian halnya, jika kita akan mendapatkan kondisi mobil yang sehat dan aman. Karena untuk mendapatkan kondisi mobil yang seperti ini, tak jarang orang yang tidak mengerti bagaimana cara menjaga dan merawat mobil sehingga dapat menyajikan kenyamanan yang sempurna bagi pemiliknya. 

Pada masalah keamanan bagi kendaraan biasanya yang paling mengkhawatirkan kita adalah mobil mengalami kebakaran. Karena jika masalah ini sampai terjadi pada kendaraan kita, maka resiko yang harus kita tanggung bukanlah suatu resiko yang ringan. Jadi jika anda memiliki mobil yang kondisinya kurang meyakinkan, sebaiknya Anda luangkan waktu untuk cek kondisi kesehatan mobil anda tersebut terutama jika Anda baru saja membeli mobil bekas. Baiklah pada kesempatan ini Saya akan membahas tentang bagaimana cara mencegah mobil terbakar.

Kalau pada segmen sebelumnya Saya sempat membahas Tips Mengatasi Mobil Terbakar, maka pada artikel ini Saya akan lebih membahas cara pencegahannya. Pada umumnya penyebab mobil terbakar biasanya diakibatkan konsleting pada kelistrikan mobil itu sendiri. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak dapat kita hindari atau kita cegah.

Berikut Tips Pencegahan Mobil Terbakar yang dapat Anda lakukan pada kendaraan Anda. Pertama jika Anda membeli mobil bekas, sebaiknya periksa pada bagian kabel instalasi pada mobil itu sendiri. Dengan cara, perhatikan bagian kabel yang terletak dibawah dashboard.

Jika terdapat kabel yang tidak jelas arahnya, maka hal tersebut patut Anda curigai bahwa kabel tersebut dapat menyebabkan kebakaran pada mobil Anda. Dan untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda telusuri kabel tersebut. Jika kabel tersebut tidak ada fungsinya, sebaiknya Anda cek kabel tersebut apakah kabel tersebut masih aktif atau sudah mati. 

Untuk cara pengecekan, Anda bisa mengupas sedikit dari kabel tersebut lalu Anda senggol pada body mobil yang berelement logam.

Namun, harus dilakukan saat kontak mobil dalam posisi on. Jika kabel tersebut menimbulkan percikan api, maka kabel tersebut sudah dipastikan dalam kondisi aktif. Nah jika Anda tidak mengerti tentang electrik system pada mobil, salah satu jalan terbaiknya Anda harus membawanya ke bengkel dynamo.

Karena untuk urusan system kelistrikan, hanya  bengkel dynamo yang mengerti tentang kelistrikan mobil tersebut. Namun untuk membawanya ke bengkel dynamo, sebaiknya Anda harus lebih teliti didalam memilih bengkel dynamo.

Karena jika anda salah didalam memilih bengkel dynamo, hal tersebut bukannya bisa membantu Anda justru hal tersebut malah dapat membahayakan Anda. Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah,memeriksa accessories pada mobil Anda.

Seperti halnya lampu-lampu mobil itu sendiri. jika lampu pada mobil Anda sudah diganti dengan lampu variasi, maka sebaiknya periksalah bentuk kabel bekas pemasangan lampu tersebut. Apabila cara pemasangan pada lampu variasi banyak ditemukan bekas pemasangan yang tidak rapi, maka ini juga sebaiknya perlu Anda cermati dengan baik. Jika perlu, Anda lakukan perbaikan ulang pada lampu mobil Anda. 

Jika Anda sudah memeriksa semua yang dapat menyebabkan kebakaran pada mobil Anda, maka disini Anda dapat menyimpulkan tentang keamanan pada mobil Anda. Disinipun Anda dapat memilih metode perbaikan yang cocok dengan masalah kelistrikan pada mobil Anda. Dan disini juga Anda sudah dapat memperkirakan budget harga yang harus Anda keluarkan.

Oke itulah beberapa tips sederhana yang dapat saya berikan pada kesempatan ini semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Tips Mencegah Mobil Terbakar"

Posting Komentar