7 Tips Agar Mobil Irit BBM

tips agar mobil irit BBM, otomotif, mobil
Cara Agar Mobil Irit Bahan Bakar – memngingat harga bahan bakar yang kian melonjak, tak sedikit orang yang memutar otak untuk mencari cara bagai mana agar mobil yang kita sayangi bisa irit konsumsi bahan bakar. 

Mengenai urusan bahan bakar baikpun mobil ataupun motor, pastilah kita selalu berpikir dan bertanya-tanya bagai mana dan apa yang bisa kita lakukan agar mobil kita bisa irit? Baiklah, mungkin pada artikel di bawah ini dapat sedikit membantu Anda untuk menemukan salah satu jawabannya. 

Meskipun jawabannya cukup sederhana, setidaknya beberapa penjelasan berikut ini dapat menjadi solusi dari beberapa pertanyaan yang mungkin sempat terlintas di benak Anda. Untuk membuat kendaraan anda hemat konsumsi bahan bakar, sebenarnya memang perlu penerapan dari kebiasaan menggunakan kendaraan itu sendiri. Mulai dari kedisiplinan saat berkendara, hingga penerapan pola perawatan sehari-hari pada kendaraan tersebut. 

1. Tidak Perlu Memanaskan Kendaraan Terlalu Lama (jika tidak diperlukan). Penerapan pola perawatan sehari-hari tentu perlu selalu Anda perhatikan. Seperti contoh, saat Anda melakukan pemanasan pada mesin kendaraan Anda. Sebaiknya agar melakukan pemanasan tidak terlalu lama. 

Kecuali kendaraan tidak di gunakan atau kendaraan sedang di istirahatkan dalam waktu yang lama. Karena jika kendaraan dalam kondisi di istirahatkan terlalu lama, hal ini perlu penyegaran pada baterai juga pada komponen mesin mobil Anda. Jika kendaraan Anda dalam kondisi aktif di gunakan, sebaiknya lakukan pemanasan 2-3 menit saja di waktu pagi hari. 

2. Hindari Memain-mainkan Gas Jika Tidak Pentig. Kebiasaan menekan gas di saat pagi hari sebenarnya perlu Anda tinggalkan. Karena jika mobil Anda sudah termasuk kategori kendaraan modern, maka Anda tidak perlu memperlakukan perawatan seperti mobil jaman dulu yang perlu di gas saat memanaskannya. 

3. Hindari Mengendara Dengan Cara Menjalankan Kendaraan Secara Spontan. Menginjak gas secara spontan juga dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar kendaraan anda lebih boros. Hal ini akan membuat pembakaran pada mesin mobil Anda menjadi tidak stabil dan untuk settingan kendaraan mobil balap memang hal tersebut sudah memenuhi standard untuk di gunakan balap. 

4. Tidak Mencampurkan BBM. Bahan bakar berjenis premium dan pertamax ini sangat berbeda kualitasnya. Jika Anda biasa mencampurkan antara kedua jenis BBM ini, maka hal ini harus Anda tinggalkan. Karena hal ini bukan hanya membuat kendaraan Anda menjadi boros, tapi hal ini cukup membahayakan kinerja pada mesin kendaraan Anda. 

5. Hal Yang Harus Di Perhatikan Saat Di Tengah Kemacetan. Saat Anda terjebak macet, sebaiknya Anda lebih memperhatikan tuas transmisi mobil Anda. Jika saat Anda akan menjalankan mobil Anda, sebaiknya selalu memulainya dari posisi tuas transmisi pada gigi 1. Karena pada putaran ini, beban putaran pada transmisi akan ringan dan tidak membutuhkan energy yang terlalu besar. 

6. Mengatur Perputaran Torsi. Saat mengendara, usahakan Anda dapat mengatur gas sebaiknya saat mobil sedang melaju upayakan gas mobil Anda agar stabil. Dan untuk putaran torsi yang ideal, sebaiknya Anda selalu berada dalam putaran 3000rpm. 

7. Hindari Penggunaan AC Yang Berlebihan. Menggunakan system pendingin yang berlebihan dapat juga menyebabkan bahan bakar mobil anda cepat terkuras. Karena jika Anda selalu menghidupkan AC dengan volume maksimal hal ini dapat memaksa kinerja pada mesin mobil Anda. 

Demikianlah beberapa tips agar mobil Anda irit bahan bakar yang dapat Anda terapkan pada pola penggunaan kendaraan Anda. Semoga tips yang sederhana ini dapat menjadi informasi yang bermanfaat.

0 Response to "7 Tips Agar Mobil Irit BBM"

Posting Komentar