Sudahkah Anda Mengetahui Berapa Hal Berikut Saat Anda Akan Meninggalkan Mobil Di Parkiran?

Otomotif - memastikan kendaraan dalam keadaan aman saat ditinggal di parkiran memang sudah menjadi hal mutlak yang harus diperhatikan bagi pengendara mobil khususnya. 

Dengan maraknya kasus-kasus pencurian mobil dan semakin banyaknya korban yang merasa dirugikan akibat semakin meningkatnya tindak kejahatan seperti ini, maka tak ada salahnya jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut sebelum Anda meninggalkan mobil Anda di parkiran. 

Memang tidak selamanya kita akan selalu memperhatikan kendaraan kita, ada kalanya kita melupakan akan suatu hal tentang mobil kita. Namun sadarkah Anda bahwa sedikit saja kelalaian, maka hal tersebut akan menjadi sebuah celah bagi para pelaku kejahatan untuk dijadikan kesempatan melancarkan aksinya. Baiklah sesuai dengan judul yang sudah Saya buat pada postingan kali ini, apa sih yang harus kita kita ketahui saat meninggalkan mobil diparkiran? Berikut beberapa hal yang perlu kita ketahui saat meninggalkan mobil diparkiran baikpun dikantor, ataupun ditempat parkiran umum. 

1. Memastikan Mobil Terkunci Dengan Baik 
Jika pada postingan sebelumnya Saya pernah membahas tentang tips agar mobil terhindar dari pencurian, maka pada artikel kali ini Saya akan lebih menjelaskan poin-poin penting yang yang juga berhubungan dengan hal tersebut. Diantaranya adalah memastikan mobil terkunci dengan baik, dengan cara sebagai berikut; 

  • Mengecek pintu satu persatu setelah Anda menekan tombol lock pada remoot kontrol mobil Anda.
  • Pastikan pintu mobil Anda tertutup dengan rapat dan terkunci dua kali. Karena sifat door lock tidak terkunci dengan sempurna jika pintu tidak tertutup dengan rapat. Misalnya Anda membanting pintu dengan tanggung, maka pintu akan terkunci hanya sekali dan Anda harus lebih menekannya lagi agar pintu terkunci dua kali. 

2. Memastikan Alarm Berfungsi Dengan Baik 
Alarm adalah suatu komponen yang cukup membantu kita dalam urusan menjaga keamanan mobil. Jadi, memastikan alarm agar tetap berfungsi dengan baik sangatlah penting. Memang pada logikanya alarm tidak akan bisa membantu apa-apa jika Anda meninggalkan mobil jauh dari pantauan Anda. Namun dengan berfunsinya alarm, maka pencuri akan berpikir dua kali untuk melanjutkan aksinya jika alarm sudah berbunyi. 

3. Berhati-hatilah Saat Meminjamkan Atau Menyewakan Mobil Kepada Orang LainMeminjamkan atau menyewakan mobil kepada teman atau orang lain, sebaiknya Anda harus berhati-hati. Karena jika pelaku kejahatan sudah mengincar mobil Anda sebagai target, maka ia akan melakukan berbagai macam cara. Bisa saja ia berpura-pura menyuruh teman Anda menyewakan mobil Anda, lalu saat itulah ia memiliki kesempatan untuk menduplikat kunci mobil Anda dan merakit kabel alarm agar mudah untuk dipotong saat melancarkan aksinya nanti. 

Nah jika hal ini terjadi pada Anda, maka hal penting yang harus Anda perhatikan adalah memeriksa kondisi mobil saat setelah mobil disewakan seperti contoh;

  • Memeriksa Kabel Alarm. Pastikan kabel alarm dalam kondisi seperti seidakala dan jika terdapat kabel alarm yang menjulur keluar atau kabel yang terdapat sudah di modifikasi, maka Anda harus memperbaikinya seperti kondisi semula.
  • Pastikan Anda Mengetahui Posisi Alarm. Jika mobil Anda tidak memiliki alarm khusus, maka Anda coba periksa kabel kelakson. karena jika alarm tidak memiliki sirine khusus, biasanya alarm akan terhubung langsung pada kelakson. 

4. Menambahkan Sekring Khusus Pada Kabel Saluran Kontak Starter 

Menambahkan sekring pada kabel saluran starter juga bisa Anda lakukan sebagai alat yang dapat berfungsi untuk dijadikan kontak rahasia. Dan letakan sekring tersebut pada tempat sekring pada umumnya hanya Anda perlu menghafal letak dan posisinya saja agar Anda mudah saat menggunakannya. 

Saat Anda akan meninggalkan mobil, maka Anda dapat mencabut sekring tersebut dan menyimpannya didalam tas atau dompet Anda. Dengan demikian saluran listrik kabel tersebut akan terputus, maka saluran tersebut tidak akan berfungsi meskipun mobil distarter menggunakan kunci aslinya. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar mobil Anda terlindung dari tindak kejahatan. Namun perlu Anda ingat waspadalah selalu. Karena jika kendaraan Anda sudah menjadi terget kejahatan, maka bukan tidak mungkin Anda akan menjadi salah satu korban tindak kejahatan semacam ini.


0 Response to "Sudahkah Anda Mengetahui Berapa Hal Berikut Saat Anda Akan Meninggalkan Mobil Di Parkiran?"

Posting Komentar