Cara Perawatan Pintu Geser Pada Mobil

Cara Perawatan Pintu Geser Pada Mobil
Saat ini mungkin kita semua tau jika kendaraan mobil sudah menjadi kebutuhan yang sudah tidak bisa di pisahkan, terutama bagi Anda yang memiliki anggota keluarga yang sering berpergian menggunakan kendaraan yang dapat membawa semua anggota keluarga Anda. Memiliki kendaraan multifungsi memang sangat membantu bagi kita, seperti halnya kendaraan dengan jenis MPV. Baik itu jenis low MPV, atau pun yang berkelas premium. 

Jika kita berbicara mengenai mobil jenis MPV premium, pasti ada di antara Anda yang punya sedikit masalah mengenai perawatan komponen pada mobil jenis ini. Terutama pada komponen yang menggunakan sistem bantuan elektrik seperti halnya pada pintu geser (sliding door). Banyak mobil jenis ini memang mengandalkan pintu geser saat ini, namun bukan tidak mungkin pintu jenis ini akan mendatangkan masalah bagi kita jika perawatannya tidak maksimal. 

Konstruksi pada pintu geser memang sedikit berbeda jika dibandingkan pintu konvensional dan di bangun dengan banyak melibatkan komponen lainnya sehingga pintu jenis ini sangat membutuhkan perhatian lebih untuk membuat pintu ini tetap dalam kondisi baik. Karena pintu ini hanya mengandalkan rel saat di lakukan buka tutup pada pintu ini. Rel serta bearring sangat sensitive jika terkena debu dan korosi, karena hal ini akan menghambat kinerja dari pintu itu sendiri. Selain itu daya listrik yang di gunakan pada pintu ini akan cepat terkuras. Seperi halnya baterai mobil cepat drop. Berikut beberapa hal yang perlu kita ketahui Cara Perawatan Pintu Geser Pada Mobil

Perawatan 
Untuk memberikan perawatan pada rel dan bearring pintu ini harus di bersihkan secara rutin, dan memberikan cairan penetran yang banyak di jual di pasaran seperti WD-40. Untuk menggunakan cairan ini Anda cukup menyemprotkannya pada rel dan bearring pada pintu tersebut, lalu diamkan sejenak antara 15 hingga 20 menit. Kemudian Anda bersihkan menggunakan lap bersih dan kering. Setelah bersih dan kering dari cairan tersebut, usahakan jangan terkena air sebelum rel dan bearring di beri pelumas. Begitu juga untuk memberikan pelumas, berilah pelumas dengan menggunakan gemuk yang kualitasnya baik agar tidak mudah meleleh terkena panas terik. Untuk pemberian pelumas usahakan tidak terlalu banyak, karena hal ini justru akan membuat kotoran gampang menempel. 

Perlakuan 
Selain melakukan pembersihan dan memberikan pelumas secara rutin, ada beberapa cara agar umur pintu geser lebih tahan lama dan tetap dalam kondisi baik. Sebaiknya jangan mempercepat pintu saat dalam membuka atau menutup secara elektrik. Karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kondisi motor penggerak pintu itu sendiri. Selain itu saat mesin mobil dalam kondisi mati dan kontak masih dalam kondisi on, sebaiknya matikan sistem elektrik pintu tersebut agar di lakukan buka tutup secara manual. Namun jangan melakukan proses buka tutup terlalu keras karena hal ini akan membuat posisi pintu mudah mengalami kerusakan jika terlalu sering mengalami benturan keras.


0 Response to "Cara Perawatan Pintu Geser Pada Mobil"

Posting Komentar