Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Injeksi Pada Kendaraan

Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Injeksi Pada Kendaraan
Teknologi Injeksi – sepertinya semakin hari kita akan semakin sulit untuk menemukan motor sistem pengabutan bahan bakar dengan menggunakan karburator. Dengan semakin berkembangnya zaman, maka perkembangan teknologi pun semakin canggih. Seperti halnya pada sitem pengabutan bahan bakar pada kendaraan. Teknologi Injeksi misalnya, jika beberapa tahun lalu kita masih banyak menemukan sistem pengabutan yang menggunakan karburator, maka untuk era modern ini bisa di katakan sudah menjadi barang yang langka. Tidak hanya kendaraan tertentu saja yang sudah bertransformasi ke teknologi Injeksi, tetapi hampir semua produsen kendaraan sudah beralih menggunakan teknologi ini.

Teknologi injeksi saat ini tidak hanya digunakan untuk kendaraan bermotor ataupun mobil yang bertransmisi automatic saja, tetapi pada kendaraan yang bertransmisi manual pun juga rata-rata menggunakan teknologi Injeksi. Injeksi merupakan sebuah teknologi yang digunakan pada mesin untuk melakukan sistem pembakaran dengan mencampur bahan bakar dan udara sebelum terjadi proses pembakaran. Dengan menggunakan teknologi injeksi pada sistem pembakaran, maka kendaraan akan memiliki tenaga yang lebih besar jika di bandingkan pada mesin kendaraan yang menggunakan karburator. Selain itu, kinerja mesin pun lebih sempurna jika di bandingkan dengan teknologi karburator. 

Hal ini dikarenakan mesin berteknologi injeksi membuat bahan bakar yang digunakan secara otomatis akan tercampur homogen. Dengan begitu membuat sistem injeksi bahan bakar akan terkontrol saat terjadinya proses pencampuran bahan bakar dan udara dengan lebih baik dan tepat. Untuk saat ini sudah banyak teknologi injeksi yang menggunakan sistem elektrik, meski sistem awal hanya di terapkan pada teknologi menggunakan sistem mekanikal. 

Pada sistem elektrik sudah menggunakan sensor dalam memonitor kinerja dan kondisi dari mesin serta dilengkapi sebuah unit kontrol. Oleh karena itu, kendaraan bermotor dengan transmisi manual maupun matic yang menggunakan teknologi injeksi memiliki performa yang lebih, efisien dalam bahan bakar karena proses pembakarannya lebih halus, serta tidak menimbulkan polusi udara yang berlebihan. Berikutnaya apa saja Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Injeksi Pada Kendaraan

Kelebihan Teknologi Injeksi Pada Kendaraan 
  • Lebih hemat bahan bakar. Dengan teknologi injeksi pada kendaraan bermotor, mesin bisa lebih irit dalam penggunaan bahan bakar jika dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan karburator. Proses pembakaran yang lebih baik dari karburator, membuat penggunaan bahan bakar lebih dapat diminimalisir.  
  • Ramah lingkungan. Seperti yang sudah di jelaskan di awal segmen, bahwa kendaraan dengan teknologi injeksi lebih ramah terhadap lingkungan dibandingkan dengan kendaraan biasa pada umumnya. Ini dikarenakan teknologi injeksi yang membantu proses pembakaran yang terjadi pada mesin lebih sempurna, sehingga emisi yang ditimbulkan lebih bersih.
  • Mesin kendaraan mudah untuk di nyalakan. Kelebihan kendaraan berteknologi injeksi berikutnya adalah mesin mudah untuk di nyalakan dalam berbagai kondisi cuaca. Ini dikarenakan teknologi injeksi menggunakan sensor pada mesin yang mampu melakukan pengaturan suhu. 
Namun meski memiliki beberapa kelebihan, kendaraan dengan teknologi injeksi juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya seperti berikut: 
Baca Juga: Warna Cat Motor
Kekurangan Kendaraan Dengan Teknologi Injeksi

  • Kendaraan dengan menggunakan teknologi injeksi tidak bisa service di sembarangan bengkel. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan tergolong teknologi modern, karena dalam melakukan service pada kendaraan bertoknologi injeksi membutuhkan perlengkapan canggih pula. Seperti halnya software pendeteksi kesalahan pada mesin berteknologi injeksi. Oleh karena itu mau tidak mau kita harus ke bengkel resmi untuk melakukan service pada kendaraan yang menggunakan sistem injeksi.
  • Jika terjadi kerusakan sparepart pada motor injeksi membutuhkan biaya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan motor biasa yang menggunakan sistem karburator.
  • Tidak bisa mengisi bahan bakar di sembarang tempat. Jika kendaraan dengan sistem karburator tidak terlalu bermasalah terhadap kebersihan bahan bakar, namun lain halnya dengan kendaraan yang menggunakan teknologi injeksi. Karena teknologi injeksi sangat sensitiv terhadap kebersihan bahan bakarnya.

    0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Injeksi Pada Kendaraan"

    Posting Komentar