Tips Cat Motor Menggunakan Cat Pylox Dengan Mudah


Tips Cat Motor Menggunakan Cat Pylox Dengan Mudah
Cat Motor – mendapat bodi motor yang lecet mungkin sebagian orang bisa kesal, jengkel dan marah. Tapi apa yang bisa kita perbuat jika semua sudah terjadi entah itu lecet, gores kasar, hingga bodi mengalami pecah sekali pun, yang pasti itu adalah resiko saat mengendarai sepeda motor. Hanya saja kita meski berhati-hati terhadap keselamatan diri kita sendiri.

Bagi Anda yang memiliki bodi motor yang lecet, tapi Anda takut biaya yang mahal jika melakukan perbaikan di bengkel, jangan khawatir di sini iatmotor akan berbagi tips agar perbaikan bodi motor Anda tidak mengeluarkan biaya terlalu mahal yakni Tips Cat Motor Menggunakan Cat PiloxDengan Mudah. Kedengarannya sih catnya tidak terlalu bagus, tapi Anda jangan takut jika Anda lakukan pengecatan menggunakan tehnik yang benar, pasti hasilnya akan maksimal.
Sebelum melakukan pengerjaan ada beberapa perlengkapan yang harus Anda siapkan, diantaranya adalah ampelas berukuran 240, ampelas berukuran 360, ampelas berukuran 600, dan yang paling halus ukuran 1500. Selain itu Anda harus menyiapkan juga dempul plastic yang berukuran paling kecil dan lakban kertas serta cat pilox dan clear pilox yang semua perlengkapan itu dapat Anda beli di toko cat atau toko bangunan. Baiklah berikut langkah pengerjaan yang dapat Anda tiru.

Bersihkan bodi motor yang mengalami lecet dengan cara mencucinya dengan menggunakan sabun cuci. Setelah bersih amplas permukaan yang lecet menggunakan ampelas yang berukuran 360. Jika goresannya dalam, oleskan dengan dempul plastik hingga rata dan tidak berpori-pori. Kemudian setelah dempulnya kering, amplas permukaan menggunakan ampelas yang berukuran 240. Saat melakukan pengampelasan, sebaiknya gunakan alas yang rata pada amplas seperti papan tipis atau potongan triplek yang berukuran 7 x 15 cm agar permukaan rata dan tidak bergelombang.

Setelah permukaan bodi yang di dempul rata dan tidak terdapat pori-pori, lakukan penghalusan dengan menggunakan ampelas berukuran 360 dan seterusnya hingga ampelas yang paling halus. Agar lebih mudah untuk melakukan pengampelasan, gunakan air saat pengampelasan. Setelah semua selesai bersihkan kembali permukaan hingga kering. Namun harus ingat jika cat yang Anda dapatkan tidak terlalu sama dengan cat aslinya Anda sebaiknya melakukan pengecatan full panel, artinya jika spakboard depan yang lecet Anda harus cat spakboard depan secara keseluruhan hal ini menghindari warna yang belang nantinya.

Lalu bungkus panel yang tidak Anda cat menggunakan lakban dan koran bekas agar panel tersebut tidak terkena semburan cat. Berikutnya lakukan pengecatan secara perlahan lahan, usahakan jarak semprotan tidak terlalu dekat dengan permukaan bodi untuk ukuran jarak yang ideal antara dua jengkal orang dewasa serta usahakan semprotannya jangan terlalu lama agar cat tidak menumpuk. Lakukan penyemprotan berulang dengan di beri jarak waktu 10 sampai 20 detik hingga permukaan tertutup rata.

Baca Juga: Warna Cat Motor

Setelah cat tertutup rata dan tidak ada yang menumpuk atau belang, lakukan pelapisan vernis dari pylox itu sendiri. Untuk penyemprotan vernis, lakukan berulang kali sama halnya saat melakukan pengecatan. Dan untuk lapisan vernis yang terakhir, lakukan penyemprotan sedikit basah agar menghasilkan vernis yang mengkilap namun jangan terlalu menumpuk karena akan membuat cat meleleh. Setelah menghasilkan kilap yang mereta, maka pekerjaan Anda sudah selesai. Dan jika warnanya terlalu jauh dengan warna aslinya Anda bisa modifikasi warna sesuka Anda dengan membentuk corak menggunakan motif dengan cara membentuk lakban agar warnanya yang belang justru menjadi seni yang bisa di padukan dengan warna aslinya.


0 Response to "Tips Cat Motor Menggunakan Cat Pylox Dengan Mudah"

Posting Komentar