Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan
Saat menghadapi musim hujan mungkin berbagai masalah yang akan timbul pada kendaraan kita, mulai dari wiper mati, AC tak dingin hingga mobil mengalami mogok saat hujan sekalipun. Tentu hal ini sangat mengesalkan bagi kita, bagai mana tidak? Saat-saat seperti inilah kita sangat membutuhkan kendaraan yang dalam kondisi prima agar semua aktifitas tidak terganggu hanya karena masalah seperti ini. Nah supaya memasuki musim penghujan berkendara tetap nyaman, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Terutama pada sistem ke listrikan mobil kita. 

Memastikan sistem ke listrikan mobil dalam kondisi stabil dan prima memang sudah menjadi hal yang wajib kita lakukan. Sebab sistem kinerja listrik pada mobil senantiasa akan meningkat saat musim hujan tiba. Hal ini di sebabkan oleh pemakaian AC, lampu mobil, hingga headunit. Sistem listrik yang kurang optimal, akan mempengaruhi suplai daya listrik ke mobil secara keseluruhan. Akibatnya bisa berimbas pada sistem pengapian pada mobil itu sendiri. Artinya jika sistem pengapian pada kendaraan sudah mengalami gangguan, bukan tidak mungkin hal ini akan membuat mobil Anda akan mogok. Jadi sebaiknya selalu cek kondisi kelistrikan pada mobil Anda saat menghadapi musim hujan. 
Selain itu kita juga meski rutin memeriksa kondisi wiper kaca mobil. Di mana peranan wiper sangat di butuhkan saat menghadapi musim hujan. Sebab wiper yang tidak berada dalam kondisi optimal dapat menyulitkan kita saat akan membersihkan air dari kaca. Akibatnya, pandangan bisa terganggu dan perjalanan pun jadi penuh resiko. Anda juga harus memastikan kare pada wiper masih dalam kondisi lentur dan tidak kaku. Sebab jika karet wiper kaku, ini menandakan karet wiper sudah tidak dalam kondisi optimal dan harus segera di ganti dengan yang baru. 

Selain beberapa komponen di atas, ada juga beberapa komponen penting yang pelu di perhatikan yakni ban. Untuk ban, pastikan ban masih memiliki kembang yang cukup tebal. Sebab pada kondisi jalanan yang basah, bisa saja membuat beberapa titik lintasan menjadi licin sehingga kendaraan membutuhkan ban yang masih memiliki daya cengkram yang baik. Tekanan angin pada ban meski selalu di perhatikan. Dengan tekanan angin yang rendah hal ini juga dapat mengurangi cengkraman ban pada permukaan jalan. Tapi jangan juga terlalu tinggi, karena hal ini juga akan membuat ban cepat botak.


0 Response to "Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan"

Posting Komentar