Perawatan Sepeda Motor

Tips Merawat Sepeda Motor Agar Terhindar Dari Berbagai Macam Masalah
Merawat dan menjaga sepeda motor agar tetap fit adalah suatu pekerjaan rumah yang perlu kita parhatikan.

Karena dengan perawatan yang terkesan kurang maksimal, maka hal ini akan menimbulkan berbagai macam masalah pada sepeda motor Anda.

Namun pada umumnya sebelum semua permasalahan akan terjadi pada sepeda motor kita, biasanya sepeda motor akan menunjukkan tanda-tanda bahwa ada kerusakan pada komponen sepeda motor itu sendiri.

Mulai dari mesin sepeda motor ngadat, hingga laju sepeda motor yang tidak stabil. Untuk itu, sebaiknya kita dapat mengenali gejala dini yang akan terjadi pada sepeda motor Anda. Agar terhindar dari semua permasalahan pada sepeda motor kita. Untuk langkah perawatan sebaiknya Anda melakukan perawatan sejak dini yaitu, sejak sepeda motor masih dalam kondisi baru dan sewaktu masih ada perawatan gratis dari dealer sepeda motor itu sendiri.

Karena, hal tersebut guna untuk memastikan kelayakan suatu produk yang baik. Sebab, bukan tidak mungkin sebuah produk yang sudah di pasarkan akan mengalami kesalahan dalam perakitan. Jadi di samping Anda bisa mendapatkan ganti oli gratis, Anda juga dapat memastikan kelayakan sepeda motor Anda.

Setelah sepeda motor melewati masa service bergaransi, Anda dapat menerapkan metode rawatan harian yaitu, selalu memperhatikan penggunaan yang dapat menimbulkan masalah pada sepeda motor itu sendiri. Seperti halnya mengisi BBM di sembarang tempat dan lain sebagainya. Untuk rawatan harian, disini yang paling penting di perhatikan adalah saat menyalakan mesin sepeda motor pada pagi hari dimana saat mesin sepeda motor setelah di istirahatkan dengan waktu yang cukup lama.

Dan sewaktu mesin sepeda motor di istirahatkan, maka pelumas dari mesin sepeda motor tersebut tidak lagi membasahi dari komponen mesin melainkan akan turun pada bagian bawah carter oli. Maka dari itu, sebaiknya jika Anda menyalakan mesin sepeda motor pada pagi hari agar menggunakan kick starter. Karena, hal tersebut akan memompa oli membasahi seluruh komponen pada mesin motor Anda.

Berikutnya selalu berhati-hati saat menarik gas, ketika mesin sepeda motor baru di nyalakan sebaiknya Anda tidak menarik gas sewaktu mesin sepeda motor baru di nyalakan. Kerena, hal tersebut mempengaruhi kinerja komponen mesin sepeda motor di mana oli dari mesin sepeda motor belum sepenuhnya membasahi seluruh dari komponen mesin dari sepeda motor itu sediri.

Jadi, sebaiknya diamkan terlebih dahulu setelah beberapa saat barulah Anda menarik gas dengan perlahan-lahan. Selanjutnya selalu menjaga mutu dari bahan bakar, seperti yang sudah saya jelaskan di atas agar berhati-hati saat mengisi BBM.

Karena, hal ini juga sangat mempengaruhi kinerja mesin sepeda motor Anda. Jika kualitas bahan bakar tersebut kurang baik, maka sepeda motor akan mengalami masalah dan hal tersebut biasanya akan terjadi pada pembakaran mesin. Dimana system pembakaran mesin yang tidak sempurna dan biasanya mesin sepeda motor akan ngadat dan tidak normal.

Kemudian lakukan penggantian oli secara teratur dan tepat pada waktunya. Dan untuk mengganti oli, Anda dapat melakukan secara berkala di antaranya jika jarak tempuh sudah mencapai 2000-2500Km sebaiknya Anda harus mengganti oli mesin sepeda motor Anda. Karena dengan mengganti oli secara teratur, dapat menjaga kualitas dari mesin sepeda motor Anda sendiri.

Menjaga kebersihan pada body sepeda motor Anda tak kala penting dari semua hal di atas. Karena dengan menjaga kebersihan bagian bodysepeda motor, maka hal ini akan mengurangi resiko dari kerusakan komponen bagian luar sepeda motor itu sendiri. Seperti halnya kerusakan pada seal shock breaker dan lain sebagainya.

Yang terakhir lakukan tune-up pada mesin sepeda motor Anda secara rutin dan berkala. Untuk melakukan tune-up, Anda dapat melakukannya setiap 2-3 bulan sekali. Karena dengan melakukan tune-up yang teratur, ini juga dapat menjaga agar dapat terhindar dari segala macam masalah pada mesin sepeda motor Anda.

Untuk beberapa tips perawatan di atas mungkin itu hanya sebagian pentig dari keseluruhan Perawatan Sepeda Motor agar terhindar dari kerusakan dini. Demikian beberapa tips sederhana yang dapat Saya bagikan pada kesempetan ini semoga bisa bermanfaat.


0 Response to "Perawatan Sepeda Motor"

Posting Komentar