Tips Mengatasi Mobil Terbakar

Mobil kebakaran – memberi keamanan dan kenyamanan pada kendaraan yang kita miliki, adalah suatu hal penting yang juga harus kita perhatikan.

Karena untuk urusan berkendara, tentunya hal tersebut tak lepas dari berbagai macam resiko yang dapat membahayakan kita dan keluarga kita. Disisi lain kendaraan memang sangat perlu dalam kehidupan kita, terutama kendaraan mobil. Oleh karena itu, kita juga mesti bisa memahami apa itu mobil dan apa itu resiko dari mobil itu sendiri.

Karena jika kita memahami lebih jauh tentang kendaraan mobil, maka disini kita akan tau bahwa mobil bisa membantu kita, dan juga dapat membahayakan kita. Berdasarkan fakta, tidak sedikit orang yang mendapatkan masalah yang disebabkan mobil jika kita tidak selalu memperhatikan segala sesuatu tentang mobil itu sendiri. mulai dari kecelakaan, hingga mobil mengalami kebakaran.

Namun, tidak demikian halnya jika kita selalu memperhatikan hal sekecil apapun tentang mobil itu sendiri. Justru mobil akan menjadi sahabat baik yang sangat membantu kita, jika kita menggunakan mobil tersebut dengan baik dan tepat pula. Baiklah pada kesempatan ini Saya akan menuliskan tips yang sederhana namun, mudah-mudahan menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Tips yang akan Saya bagikan ini adalah, Tips Mengatasi Mobil Terbakar. Jika Anda suatu saat mengalami masalah seperti ini, sebaiknya Anda tidak perlu panik. Karena apapun masalah Anda jika Anda menghadapinya dengan panik, maka Anda tidak akan menemukan solusinya.

Ada baiknya jika Anda tenang dan tidak kebingungan. Jadi Anda tau apa yang harus Anda lakukan saat anda sedang mengalami masalah seperti ini. Kemudian Anda harus meneliti dari mana sumber kebakaran tersebut. Biasanya suatu benda yang terbakar, akan ada tanda asap dari benda yang terbakar itu sendiri.

Nah jika Anda sudah mengetahui dari mana asal kebakaran tersebut, maka segeralah ambil air minum Anda (jika Anda memiliki air minum pada botol kemasan). Namun jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mencari warung terdekat yang menjual air minum kemasan botol.

Agar bisa lebih cepat prosesnya, sebaiknya anda ambil saja dulu bayarnya belakangan tapi ingat setelah apinya padam, airnya harus dibayar he he. Nah untuk melakukan penyiraman, sebaiknya Anda benar-benar menyiram sumber apinya. Jika api berasal dari dalam dashboard, Anda sebaiknya menyiramnya dari bagian bawah dashboard dengan cara menyemprotkan air pada botol tersebut agar menyembur pada titik api. Namun hal ini sifatnya untuk sementara, karena apinya belum sepenuhnya padam.

Dan jika hal tersebut terjadi dalam plafon, sebaiknya anda dapat menarik bagian pinggiran plafon dengan cara melepaskan karet tiang pintu bagian dalam yang menjepit pada pinggiran plafon tersebut. Agar lebih leluasa untuk melakukan penyiraman, sebaiknya tarik pinggiran plafon hingga terbuka lebar. 

Berikutnya segeralah melepaskan kabel baterai mobil. Karena, salah satu penyabab kebakaran biasanya ada pada system kelistrikan mobil itu sendiri. Setelah Anda melepaskan kabel baterai, sebaiknya anda kembali memeriksa sumber api tersebut guna memastikan agar apinya sudah benar-benar padam. Selanjutnya jika kebakaran terjadi pada ruangan mesin, disini Anda harus lebih jeli untuk mengenali tanda-tandanya.

Biasanya pada jarak antara kap mesin dengan spakboard, akan menimbulkan asap jika kondisi kendaraan melaju dengan kecepatan rendah. Pada sisi lain suhu pada temparatur mesin akan naik. Nah adapun cara untuk mengatasinya, sebaiknya Anda terlebih dahulu menyiram pada bagian selang bahan bakarnya sebelum selang bahan bakarnya terbakar.

Namun jika sudah terbakar, Anda sebaiknya melepaskan baju Anda dan basahkan agar benar-benar basah. lalu padamkan apinya menggunakan kain basah tersebut namun untuk penyiraman tetap dilakukan. Jika Anda tidak dapat menyelamatkan kendaraan Anda, sebaiknya Anda menyelamatkan diri Anda dan keluarga Anda. Akan tetapi Anda sebaiknya jangan meninggalkan kunci kontak didalam mobil itu sendiri.

karena jika kendaraan anda diasuransikan dan anda tidak memiliki foto copy STNKnya, maka hal tersebut akan sangat membantu Anda dalam melakukan klaim. Karena, biasanya kebanyakan orang menaruh STNK mobilnya pada dompet kunci kontak mobil itu sendiri. itulah sedikit tips yang dapat saya share pada kesempatan ini.


0 Response to "Tips Mengatasi Mobil Terbakar"

Posting Komentar