Tips Pengecatan Bumper Mobil Berbahan Plastik

Bumper Mobil - pengecatan pada panel body yang berbahan dasar plastik sebenarnya bisa dibilang lumayan rumit.

Hal ini dapat di buktikan dengan banyaknya kasus-kasus mengenai cat pada bumper yang sangat mudah terkelupas saat mobil setelah melakukan penggantian bumper.

Akan tetapi ini adalah suatu hal yang mesti kita ketahui, apa sih rahasianya untuk pengecatan benda yang berbahan plastik agar tidak mudah terkelupas seperti ketika bumper masih kondisi aslinya?

Karena, pada umumnya cat akan mudah terkelupas jika dilakukan pengecatan dengan cara yang tidak tepat. Memang sering kali kita mengalami kegagalan disaat kita melakukan pengecatan pada komponen yang berbahan dasar plastik.

Pada awalnya cat akan terlihat baik-baik saja setelah komponen-komponen tersebut kita cat. Namun setelah beberapa hari kemudian, cat pada komponen yang berbahan dasar plastik tersebut akan terkelupas dengan sendirinya. Biasanya paling umum yang menyebabkan cat akan terkelupas, disaat mobil di cuci menggunakan mesin cuci steam. 

Komponen berbahan plastik biasanya terdiri dari bumper, spoiler serta body kit. Nah pada logikanya saja, komponen-komponen ini sangat rawan dengan benturan. Jadi, sudah selayaknya jika komponen-komponen ini mendapatkan perhatian khusus terutama pada ketahanan cat itu sendiri. Baiklah langsung saja kita ikuti beberapa penjelasannya berikut ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut tidaklah sulit, asalkan kita mematuhi dengan baik panduan-panduan cara pemakaian dari produk-produk cat yang sudah kita dapatkan. Untuk rahasia pengecatan pada element yang berbahan dasar plastik, sebenarnya ada pada produk cat itu sendiri.

Namun, apabila kita memang benar-benar belum mengetahuinya kita dapat menanyakan pada orang yang lebaih mengerti tentang hal ini atau kita dapat menanyakan pada tempat dimana kita biasa mendapatkan produk cat tersebut. Baiklah berikut beberapa tips cara pengecatan pada permukaan bumper mobil yang berbahan dasar plastik agar tidak mudah terkelupas. 
  
1. Mempersiapkan Komponen-komponennya 

Yang pertama, terlebih dahulu Anda mempersiapkan bumper yang akan Anda cat baik itu berupa bumper ataupun berupa spoiler. Bersihkan secara menyeluruh, lalu ampelaslah dengan menggunakan ampelas halus. Untuk pengampelasan lakukan dengan benar-benar rata agar cat bisa lengket dengan sempurna. 

2. Beri Lapisan Plastk PP Primer

Berikutnya sebelum Anda memulai pengecatan, sebaiknya Anda memberikan lapisan plastik PP Primer pada permukaan plastik tersebut agar cat dapat menyatu dengan bahan dasar plastic itu sendiri dan untuk mendapatkan plastik PP Primer, Anda bisa membelinya di toko cat. 

3. Lakukan Pengecatan Dasar 

Setelah selesai disemprot plastik PP Primer, lalu Anda semprotkan dengan menggunakan cat dasaran. Namun untuk penyemprotan cat dasar, jangan menunggu terlalu lama atau jangan menunggu hingga plastik PP Primernya terlalu kering. Karena, apabila terlalu kering maka fungsi dari plastik PP Primer itu sendiri akan berkurang. Bukan hanya fungsinya yang berkurang, akan tetapi justru akan menimbulkan masalah-masalah baru.

Mangapa demikian? Karena sifat plastik PP Primer, apabila sudah kering ia akan berbentuk lembaran plastik dan akan terangkat apabila kita timpa dengan thiner. Nantinya cat tersebut akan timbul seperti berkerut dan ini pasti akan sulit untuk di atasi.

Nah setelah anda melakukan beberapa langkah diatas, maka untuk selanjutnya Anda dapat melakukan pengecatan seperti biasanya seperti halnya pengecatan pada body mobil pada umumnya. Namun disini yang perlu Anda perhatikan, lakukan pengecatan dasar dengan sedikit lebih tebal agar cat dasar dapat menutupi dari lapisan plastik PP Primer tersebut. Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini semoga dapat bermanfaat.


1 Response to "Tips Pengecatan Bumper Mobil Berbahan Plastik"

  1. Maaf mau tanya. Jikalau sudah terlanjur dicat dengan pp primer tanpa mengampelasnya terlebih dahulu bagaimana? Apakah tidak apa-apa?

    BalasHapus