Tips Cara Pengecatan Body Motor

Cat body motor - Melakukan pengecatan ulang pada body motor, sungguh suatu hal yang menyenangkan terutama pada cat body motor yang telah kusam atau cat yang sudah tidak mengkilap lagi.

Maka untuk warna cat yang sudah terlihat mati atau pudar, ada baiknya apabila diganti dengan warna yang lebih baru agar penampilan sepeda motor kita terlihat lebih segar kembali.

Selain cat yang sudah terlihat kusam, sebenarnya banyak juga faktor lain yang membuat kita akan melakukan pengecatan ulang (body repaint ) pada body motor itu sendiri.

Mulai dari cat yang sudah tergores akibat kecelakaan, hingga cat yang terkelupas. Namun sebelum anda melakukan pengecatan pada body motor Anda, sebaiknya terlebih dahulu Anda melepaskan panel body motor itu sendiri dari kerangka motor tersebut. Hal ini, agar mempermudah didalam proses pengecatan nantinya. Untuk melepaskan panel body motor, Anda sebaiknya menyediakan peralatan seperti obeng ketok dan beberapa kunci set yang di perlukan lainnya.

Namun untuk melepaskan body motor tersebut, sebaiknya lakukan dengan berhati-hati. Karena, panel dari body motor tersebut akan mudah pecah jika tidak tepat cara pengerjaannya. Baiklah langsung saja to do point ya untuk cara pengecatan pada body motornya berikut beberapa penjelasannya. 

1. Bersihkan Panel Body Motor Yang Akan Kita Cat 

Hal pertama yang akan Anda lakukan adalah, mencuci panel body dengan menggunakan sabun atau deterjen lainnya agar body motor bersih. Namun jika masih terdapat bekas lem pada sticker yang telah dilepas sebaiknya bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan bensin. 

2. Lakukan Pengampelasan Pada Panel Body Motor 

Berikutnya ampelas body motor dengan menggunakan ampelas nomor 320cc, hal ini guna untuk mengikis pernis lama yang terdapat pada cat body motor tersebut agar saat kita melakukan pengecatan pernis lamanya tidak berkerut. 

3. Berikan Pelapisan Epoxy Primer Setelah Pengampelasan 

Kemudian lapislah permukaan dengan menggunakan epoxy primer, hal ini bertujuan agar goresan pada permukaan cat lama akan lebih terlihat jelas. 

4. Lakukan Pendempulan Jika Di Perlukan 

Untuk mendapatkan hasil pengecatan yang sempurna, lakukan pendempulan tipis atau pelamir. Namun hal ini lakukan pada yang terdapat goresan atau yang cacatnya saja karena jika didempul keseluruhan maka akan kesulitan saat pengampelasan. 

5. Ampelas Kembali Permukaan Hingga Bersih 

Setelah dempul mengering, ampelas kembali dengan menggunakan ampelas yang sama hingga dempulan terlihat samar-samar. Namun jangan terlalu kehabisan karena, hal tersebut akan membuat cat lama terbuka kembali jika pelapis epoxy primernya sudah terkikis.

Setelah pengampelasan dilakukan dengan merata, lalu ganti ampelas dengan menggunakan ampelas nomor 600cc hal ini akan menhilangkan pori-pori pada epoxy tersebut. Jika pengampelasan sudah merata maka, ganti kembali ampelas tersebut dengan menggunakan ampelas nomor 1500cc. hingga merata. Lalu lakukan pengeringan dengan menggunakan lap berbahan chamois. Oh iya untuk pengampelasan, gunakan air sabun agar debu ampelas tidak lengket pada permukaan body. 

6. Tahap Pengecatan Dasar 

Sebelum melakukan pengecatan, lakukan pelapisan cat dasar agar mendapatkan hasil yang baik. Untuk cat dasar gunakan cat yang lebih mirip dengan cat jadinya. 

7. Pengecatan Jadi Atau Cat Warna Yang Sebenarnya 

Kemudian barulah Anda melakukan pengecatan yang sebenarnya yaitu warna yang untuk dijadikan warna exterior dari motor itu sendiri, Setelah cat sudah merata, maka yang terakhir berikan lapisan clear coat agar cat tidak mudah tergores dan tidak mudah pudar.

Nah itulah beberapa tips cara pengecatan body motor yang dapat Saya share pada kesempatan ini. Namun jika Anda belum mengerti, Anda dapat menghubungi kami pada halaman kontak dan dengan senang hati kami akan membantu Anda untuk mempelajari cara-cara pengecatan body motor lebih detil lagi.

0 Response to "Tips Cara Pengecatan Body Motor"

Posting Komentar