Cara Aman Memperbaiki Tangki Mobil Yang Bocor

tangki mobil, otomotif, mobil
Tangki Bocor – komponen mobil bukanlah suatu benda yang sangat kuat dan sanggup menahan benturan apapun. 
Missal nya saja pada tangki mobil Anda, terkadang kita tanpa di sengaja melewati jalan yang berlobang lalu bagian jalan tanpa kita sadari sudah menyentuh dari tangki mobil kita. 

Dan hal ini dapat menyebabkan tangki mobil penyok, hingga bocor sekalipun. Hal seperti ini sebenarnya cukup membingungkan bagi Anda. Jika mobil Anda di asuransikan dan layanan klaim nya tersedia di sekitar kota Anda, mungkin hal ini tidak terlalu jadi masalah bagi Anda. Akan tetapi yang sangat menjadi persoalan adalah, jika mobil Anda tidak di asuransikan. Dan lebih pusing nya lagi jika mobil Anda di asuransikan, namun layanan klaim nya tidak tersedia dikota Anda. Jadi solusi terbaiknya adalah, Anda harus mangganti tangki mobil Anda dengan yang baru dan menggunakan uang saku Anda sendiri. 

Atau alaternatif lainnya adalah, memperbaiki tangki mobil Anda yang bocor dengan cara mengelasnya dibengkel.Dan disini saya akan membahas Tips Aman Memperbaiki Tangki Bensin Mobil Yang Bocor. Disini sebelumnya saya menyarankan pada Anda. Jika Anda sebagai pemilik mobil yang memperbaiki tangki mobil Anda yang bocor dibengkel atau dimanapun, sebaiknya Anda tidak perlu terburu-buru agar tangki cepat selesai. Karena hal ini sangat membahayakan keselamatan pekerja bengkel atau tehnisi dari bengkel itu sendiri. 

Dan untuk tahap pengerjaan agar terhindar dari resiko yang dapat mengancam Anda, mari kita ikuti langkah demi langkah berikut ini. 
  • Tempatkan Mobil Yang Akan Di Kerjakan Di Tempat Yang Aman. Untuk menghindari bahaya, sebaiknya Anda menempatkan mobil yang akan diperbaiki tangkinya pada posisi yang aman dan jauh dari percikan api.
  • Siapkan Kain Basah Dan Air. Untuk tindakan antisipasi, ada baiknya Anda menyediakan perlengkapan jika terjadi hal yang tidak di inginkan.
  • Sediakan Perlengkapan Kunci Set Secukupnya. Agar Anda tidak terlalu lama dalam proses melepaskan tangki, sebaiknya sediakan peralatan yang lengkap. 
Berikut langkah langkah pengerjaan nya. 

1. Lepaskan Selang Saluran Pengisian. Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah, melepaskan selang saluran pengisian bahan bakar. Dengan cara, lepaskan baut pada klam selang saluran pengisian bahan bakar hingga kendor. 

2. Lepaskan Baut Yang Mengikat Pada Bibiran Tangki. Selanjutnya Anda harus melepaskan semua baut yang mengikat tangki pada badan mobil hingga tangki terlepas. 

3. Lepaskan Socket Kabel Yang Terdapat Pada Bagian Atas Tangki. Setelah tangki sedikit turun, sebaiknya Anda ganjal tangki menggunakan dongkrak atau yang lainnya agar tangki tidak terjatuh saat Anda melepaskah socket kabel dan selang saluran ke mesin mobil tersebut. 

4. Berikutnya Lepaskan Juga Selang Saluran Bahan Bakar Ke Mesin. Selanjutnya lepaskan selang saluran bahan bakar yang mengarah ke bagian mesin kendaraan. Lepaskan semua yang terhubung pada body mobil hingga tangki benar-benar terlepas. 

5. Keringkan Tangki Yang Masih Terdapat Bensin Di Dalamnya. Tahap selanjutnya Anda bisa menyalin bensin ke dalam tempat tertutup seperti jerigen atau yang lainnya. 

6. Cuci Tangki Menggunakan Solar. Agar kadar bensin nya bisa hilang, sebaiknya Anda cuci tangki menggunakan solar dengan cara membiarkan solar berada dalam tangki selama kurang lebih 30 menit. 

7. Cuci Menggunakan Detergen. Setelah selesai dicuci dengan menggunakan solar, lakukan pencucian dengan menggunakan detergen cucilah dengan berulang kali disarankan cuci hingga 4 kali agar kadar bensin nya benar-benar hilang. 

8. Lakukan Pengembunan Menggunakan Bangan Knalpot Mesin Solar. Untuk lebih aman, sebaiknya lakukan pengembunan dengan menggunakan uap knalpot mesin berbahan bakar solar. Seperti mesin mobil diesel atau mesin jenset lainnya. Lakukan pengembunan dengan cara,hubungkan lobang pelampung tangki dengan buangan knalpot mesin diesel yang sedang menyala agar asapnya masuk ke dalam tangki. Lakukan hingga tangki agak sedikit panas. 

9. Lakukan Percobaan Pengelasan. Sebelum Anda melakukan pengelasan pada tangki mobil tersebut, sebaiknya lakukan pengetesan terlebih dahulu. Untuk melakukan pengetesan, sebaiknya Anda dapat menyalakan las diatas lobang tangki. Namun untuk lebih aman, anda harus berlindung agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Untuk melakukan beberapa langkah diatas, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dulu kondisi tangki tersebut. Jika tangki belum pernah dilakukan pengelasan, baru anda lakukan beberapa langkah diatas. Namun jika tangki tersebut sudah pernah dilas, sebaiknya Anda lakukan pembobokan menggunakan pahat yang tajam guna menghindari resiko ledakan pada tangki. 

Karena jika tangki hanya dilas dengan cara ditambal dan pelatnya hanya di timpa, di khawatirkan saat mencuci tangki tidak akan bersih dari kadar bensin. Dan bensin akan terjebak dibalik plat yang hanya di timpa tersebut. Demikian tips ini Saya bagikan pada kesempatan ini, berdasarkan pengalaman kami cara-cara diatas terbukti efektif.

0 Response to "Cara Aman Memperbaiki Tangki Mobil Yang Bocor"

Posting Komentar