Tips Aman Berkendara Saat Mobil Pecah Ban


ban mobil, otomotif, mobil
Pecah Ban – mengendarai mobil sendiri memang tak cukup hanya memiliki keahlian didalam urusan berkendara. Akan tetapi, hal ini harus juga dilengkapi dengan skill didalam hal pengendalian kendaraan saat komponen penunjang laju dari mobil itu sendiri sedang mengalami masalah. 

Bayangkan saja jika mobil Anda mengalami masalah pada rodanya. Rasanya sebaik apaun kendaraan Anda jika kendaraan Anda tidak ditunjang dengan kondisi roda yang baik, maka mobil Anda tidak akan menjadi sebuah kendaraan yang baik pula. Jadi pada dasarnya, kendaraan memang penting bagi kita. Namun tak kalah pentingnya adalah, roda yang dapat membuat laju dari kendaraan itu sendiri. 

Nah jika Anda selama ini sedikit menyepelekan akan peranan roda kendaraan Anda, maka untuk selanjutnya mulailah memperhatikan pentingnya pengetahuan tentang menjaga ban mobil Anda agar terhindar dari masalah yang dapat membahayakan anda sendiri. 

Baiklah berikut ini ada sedikit coretan artikel yang sederhana yaitu Tips Aman Berkendara Saat Mobil Pecah Ban

1. Berhati-hati Saat Mobil Anda Pecah Ban. Pertama yang harus Anda lakukan mengendalikan kendaraan saat mobil Anda mengalami pecah ban. Jika ban yang pecah adalah ban bagian belakang, maka Anda tidak terlalu sulit untuk mengendalikan mobil Anda meskipun dalam keadaan kecepatan tinggi. Namun jika ini terjadi pada ban bagian depan, maka Anda harus berhati-hati saat mengendalikan mobil Anda. Karena sedikit saja Anda melakukan kesalahan, maka akibatnya akan fatal. 

2. Kenali Tanda-tanda Masalah Pada Ban Mobil Anda. Biasanya jika ban mobil mengalami pecah, maka akan menibulkan suara letusan. Namun jika kendaraan Anda dalam kondisi tertutup rapat, maka suara tersebut tidak akan terdengar. Jadi, sebaiknya Anda kenali jika ban mobil anda pecah secara tiba-tiba. 
  • Setir akan terasa liar dan sulit dikendalikan 
  • Laju kendaraan tidak stabil terkadang kekiri, dan terkadang kekanan 
  • Mobil akan bergetar jika mobil dalam keadaan ngebut 
3. Jangan Lakukan Pengereman Secara Mendadak. Jika Anda merasa ada ke janggalan terhadap laju mobil Anda, sebaiknya Anda tidak melakukan pengereman mendadak. Jika Anda lebih kontrol, lakukanlah dengan cara engine break yaitu pengereman dengan mengoper tuas transmisi kearah setingkat dibawahnya. Dan dibantu dengan menginjak pedal rem perlahan-lahan. 

4. Tetap Kontrol Dan Fokus. Lakukan pengendalian kemudi dengan tenang. Jangan terlalu dilawan alur setir, dan juga jangan terlalu diikuti. Karena jika Anda salah dalam mengendalikan kemudi, maka mobil Anda akan berbelok arah secara tiba-tiba. Dan hal ini akan membahayakan keselamatan Anda. 

5. Memperhatikan Kendaraan Dari Lain Arah. Untuk menghindari resiko tabrakan, sebaiknya Anda selalu memperhatikan jika ada kendaraan dari lain arah. Hindari kontak body dengan kendaraan dengan arah yang berlawanan. 

Demikianlah beberapa tips yang dapat kami himpun pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Tips Aman Berkendara Saat Mobil Pecah Ban"

Posting Komentar