Jenis Cat Nc.


Cat Nc – Nitrocellulose Nc. Atau yang biasa di sebut dengan cat ducco ini pada umumnya sering digunakan untuk pengecatan body mobil. Dengan berbagai macam jenis cat, cat Nc adalah salah satunya yang bisa menjadi pilihan Anda untuk digunakan sebagai pewarnaan pada body exterior mobil Anda. 

Selain harganya yang cukup ekonomis dan terjangkau, cat ini juga memiliki daya tampil yang lumayan baik jika tepat cara penggunaannya. Cat Nc juga cukup baik jika digunakan untuk pengecatan pada chasis mobil atau panel bagian kolong mobil. 

Dan jika Anda bisa menggunakannya, cat jenis ini juga dapat digunakan sebagai cat body exterior. Hanya saja untuk pengecatan pada body exterior dengan menggunakan cat jenis ini, Anda harus memahami cara penggunaannya. Karena sifat cat Nc tergolong lamban dalam proses pengeringannya.

Pada penggunaan cat Nc Anda dapat menggunakan spraygun, seperti proses pengecatan pada umumnya. Pada ukuran kekentalan, bisa digunakan 1 berbanding 1,25 atau satu liter cat Nc dan 1,1/4 liter thiner. Dan lakukan penyemprotan pada tekanan angin yang stabil. 

Jika untuk digunakan pengecatan pada body exterior, sebaiknya lakukan pelapisan clear coat setelah proses pengecatan. Namun pada saat melakukan pelapisan clear coat, sebaiknya lakukan setelah selesai pengecatan dalam jangka waktu 15 hingga 20 menit. Karena jika terlalu cepat melapisi clear coat, maka hasil pengecatan tidak akan sempurna. 

Hal ini disebabkan, cat yang dilapisi clear coat tersebut belum sepenuhnya kering saat kita lapisi clear coat. Jadi pada intinya, cat akan mengalami proses pengeringan yang cukup lama dan cat akan lembek tidak keras. contohnya sebagai berikut.

Setelah cat selesai dikerjakan, secara keseluruhan cat memang terlihat kering dan tidak bermasalah sedikitpun. Namun setelah beberapa hari kemudian, biasanya cat tersebut akan terlihat kusam dan warnanya tidak terang. Karena pada waktu beberapa hari tersebut cat masih dalam proses pengeringan, dan dimasa ini cat masih mengalami penyerapan.

Dan ini adalah salah satu dari kasus yang sering ditemukan. Selain itu juga cat dapat mengalami seperti retak. Memang kasus ini jarang ditemukan, namun jika Anda salah dalam proses pengerjaannya hal ini bisa terjadi. 

Nah jika Anda ingin menggunakan pengecatan pada panel body dengan menggunakan cat Nc, sebaiknya lakukan dengan tetap mengutamakan kesabaran. Dan jika Anda menggunakan ruangan oven mungkin prosesnya tidak terlalu lama. Karena pada umumnya proses pengeringan dengan menggunakan oven akan lebih cepat jika dibandingkan dengan pengecatan secara manual. 

Demikian yang dapat kami share tentang cat Nc, semoga informasi yang sederhana ini dapat bermanfaat. Akhir kata wasalam

0 Response to "Jenis Cat Nc."

Posting Komentar