Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Saat Mengendarai Sepeda Motor

mengendara sepeda motor
Otomotif - Keamanan dan kenyamanan saat mengendarai sepeda motor di zaman sekarang ini sangatlah menjadi perhatian bagi semua orang. Mengapa tidak? 

Dengan semakin meningkatnya kendaraan bermotor, maka semakin meningkat pula resiko kecelakaan yang harus kita hadapi. Bayangkan saja jika Anda tengah mengendarai sepeda motor di jalan raya, akan tetapi banyak pengguna jalan lainnya yang berkendara dengan ugal-ugalan. Mungkin disini Anda tentunya tidak ingin menjadi korban kekonyolan pengendara tersebut. 

Walaupun hakikatnya Anda tetap berwaspada, namun apakah pengendara lain memiliki pikiran yang sama dengan Anda? Jika semua pengendara memiliki pola pikir yang sama dengan pola pikir Anda, mungkin tak akan ada kecelakaan yang kerap kali menelan korban jiwa. Baiklah pada postingan kali ini Saya akan coba mebahas Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Saat Mengendarai Sepeda Motor. 

1. Persiapkan Segala Sesuatunya Sebelum Menggunakan Sepeda Motor
Mengendarai sepeda motor di jalan raya memang cukup efisien. Jika Anda terkena macet, hal ini cukup mudah untuk Anda lewati. Terlebih jika Anda memang harus memanfaatkan waktu yang singkat, maka hal ini sangat cocok bagi Anda yang ingin tetap on time. Akan tetapi hal ini juga harus di persiapkan dengan matang sebelum Anda menggunakan sepeda motor itu sendiri. seperti halnya menggunakan helm dengan baik, memastikan diri Anda dalam kondisi yang prima serta Anda sudah paham betul bagai mana karakter sepeda motor yang akan Anda gunakan tersebut. 

2. Gunakan Sepeda Motor Sebagai Mana Mestinya 
Menggunakan sepeda motor milik Anda memang bebas untuk di gunakan apa saja. mulai dari membawa barang yang Anda inginkan hingga membawa teman-teman Anda sendiri. namun didalam hal mengendarai sepeda motor, Anda harus ingat bahwa membawa barang yang berlebihan bisa membahayakan diri Anda sendiri. Karena sedikit saja barang yang Anda bawa bergeser posisi, maka Anda akan kehilangan keseimbangan. Dan hal ini dapat memicu terjadinya kecelakaan. 

3. Gunakan Jalur Yang Sudah Semestinya
Saat berkendara sebaiknya kita lebih mengutamakan kesabaran. Dengan kodisi jalanan yang begitu ramai, maka di sini kita harus hati-hati. Dan gunakanlah jalur yang sudah semestinya. Seperti contoh tidak melakukan jalur zikzak dan tidak menggunakan jalur pengendara lain. Karena jika hal ini akan Anda abaikan, maka bukan tidak mungkin Anda akan megalami resiko kecelakaan. 

4. Selalu Menyalakan Lampu Seint Ketika Hendak Berbelok 
Saat Anda hendak berbelok arah, sebaiknya Anda selalu menyalakan lampu seint. Karena lampu seint adalah isyarat jika kendaraan akan berbelok arah. Terutama bagi Anda yang ingin memutar arah, sebaiknya jika Anda ingin memutar arah Anda harus menyalakan lampu seint jauh sebelumnya. Namun saat Anda akan berbelok, sebaiknya anda tidak mengambil jalur dari sisi kiri karena hal ini akan membuat Anda kesulitan untuk berbelok. Ada baiknya setelah Anda menyalakan lampu seint Anda perlahan mengambil jalur tengah dan ini akan lebih memudahkan Anda. 

5. Fokus Saat Berkendara 
Hal yang paling penting dari semua poin di atas adalah konsentrasi saat mengendarai sepeda motor. Karena semahir dan sebaik apapun Anda berkendara jika Anda tidak fokus, maka hal ini juga akan membahayakan Anda sendiri. seperti contoh Anda mengangkat ponsel saat berkendara karena Anda sudah merasa mahir dalam urusan mengendarai sepeda motor, maka Anda akan melakukan hal ini dengan tanpa memikirkan resiko yang harus Anda tanggung. Jadi pada kesimpulannya, sepeda motor memang membantu bagi kita. Namun lebih membantu lagi jika kita pahami setiap hal dari sepeda motor itu sendiri. 

Mungkin hanya itu yang dapat Saya share pada kesempatan ini semoga dengan beberapa poin di atas akan semakin meningkatkan kewaspadaan kita dalam mengendarai sepeda motor.


0 Response to "Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Saat Mengendarai Sepeda Motor"

Posting Komentar