Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Desain Gullwing Door Pada Mobil

teknologi supercar, mobil sport, otomotif, mobil
Otomotif - gullwing door adalah teknologi desain yang diterapkan pada pintu mobil yang system engselnya berada diatas. 

Dimana saat pintu mobil tersebut dibuka, maka pintu mobil dengan desain ini akan terbuka ke atas seperti halnya pada pintu bagasi mobil pada umumnya. Pada dasarnya pabrikan mobil menggunakan gullwing door, bertujuan agar produknya tampil beda. 

Tercatat sejumlah model mobil yang menggunakan teknologi ini, seperti contoh Mercedes-Benz 300 SL, De Tomaso Mangusta, hingga yang terbaru Tesla Model X memiliki pintu ini. 

Kelebihan Teknologi Desain Pintu Ini 
Pintu yang terbuka layaknya sayap burung ini memang sangat menambah kesan mewah. Selain itu juga menggunakan desain pintu ini, sangat memudahkan bagi penumpang saat melakukan naik turun pada mobil tersebut. Dengan ruang buka lebih luas, inilah salah satu alasan teknologi ini mempunyai kelebihan 

Kekurangan Teknologi Gullwing door 
Di balik kesan mewah pada mobil yang menggunakan teknologi desain pintu ini, ternyata hal ini juga dapat membuat pabrikan kerepotan dalam proses pembuatan. Karena pintu jenis ini tergolong rumit dalam perakitan. Berikut alasannya mengapa teknologi pintu ini memiliki kekurangan. 

Menyulitkan pabrikan 
Secara keseluruhan desain ini mungkin terlihat sederhana. Namun kenyataannya, mengembangkan mobil dengan pintu gullwing ini cukup merepotkan. Selain itu juga pintu jenis ini sangat mudah mengalami pergeseran karena letaknya yang menumpu pada atas mobil. Bila salah perhitungan, pintu gullwing dapat menimbulkan yang sifatnya sistemik yang berkelanjutan. Contohnya, atap kemungkinan bocor saat hujan. Belum lagi strukturnya yang rumit karena dibangun pada atap mobil. 

Repot Saat Digunakan 
Menggunakan mobil berpintu seperti ini juga cukup merepotkan bagi penggunanya. Karena, jika pengendara berpostur pendek mengendarai mobil berpintu gullwing dipastikan bakal kerepotan. Terlebih saat ia sudah duduk dan hendak menutup pintu. 

Mengancam penumpang 
Desain model pintu seperti ini memang cukup menambah nilai estetika pada mobil tersebut. Namun, bahaya mengincar nyawa Anda saat terjadi tabrakan samping. Dikarenakan pada kerangka yang biasa dijadikan tiang engsel, akan tidak diutamakan lagi kekokohanya seperti halnya pada pintu desain biasa. 

Disisi lain pintu jenis gullwing tidak lagi terlindung dengan aman. Karena selain kerangka tiang yang tidak terlalu diutamakan, hal ini membuat pintu jenis ini tidak lagi terjepit rapat oleh bingkai kedua tiang pilar seperti pintu biasa pada umumnya. Namun beberapa kekurangan dan kelebihan diatas, bukan berarti kita harus bingung untuk memilih teknologi yang sudah diterapkan pada pabrikan kendaraan itu sendiri. 

Karena apapun kekurangan dan kelebihan dari sebuah desain dan teknologi, pabrikan sudah merinci segala sesuatunya. Jadi apapun alasannya, semuanya tergantung pada selera kita sebagai peminat produk-produk yang sudah disajikan oleh pabrikan mobil itu sendiri. 

Demikian informasi tentang teknologi otomotif terkini yang dapat kami share pada kesempatan ini semoga dapat bermanfaat. Wassalam.

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Desain Gullwing Door Pada Mobil"

Posting Komentar