Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Tetap Awet

cara merawat rantai motor, otomotif motor
Otomotif - Rantai Motor - sebagai komponen penggerak roda, rantai sangatlah penting peranannya bagi kendaraan bermotor khususnya kendaraan bermotor roda dua. Dimana posisi rantai sangat rentan terhadap segala macam yang dapat menyebabkan komponen yang satu ini mengalami kerusakan. 

Seperti contoh rantai terkena lumpur, air kotor dan debu pasir jalanan yang dapat mengakibatkan rantai cepat aus dan mengalami korosi. Nah apakah Anda sudah melakukan perawatan yang benar terhadap rantai motor anda? Jika belum, mulailah merawat rantai motor anda dengan baik agar tetap terjaga kualitas dan ketahanannya. 

Karena jika hal ini Anda abaikan, maka akan menimbulkan masalah-masalah lainnya. Seperti gear pada motor anda cepat terkikis dan lain sebagainya. Baiklah berikut beberapa metode atau Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Tetap Awet. 

1. Menjaga Kebersihan. Kebersihan memang sangatlah penting. Karena apapun jenis komponen pada kendaraan Anda jika kebersihannya tidak terjaga, maka komponen tersebut tidak akan bertahan lama. Selain itu juga, kita tidak akan terasa nyaman saat menggunakan kendaraan tersebut jika dalam kondisi kotor. 

2. Memberikan Pelumas Pada Rantai. Memberi pelumas pada rantai motor secara rutin adalah hal yang harus selalu Anda lakukan, terutama saat motor Anda setelah dicuci. Karena pada saat sepeda motor setelah dicuci, hal ini akan membuat pelumas pada rantai motor Anda hilang tersapu air. 

3. Memperhatikan Setelan Pada Rantai. Dengan kondisi beban yang cenderung tidak stabil, hal ini dapat menyebabkan rantai motor Anda kendor dengan sendirinya. Dan jika hal ini terjadi pada sepeda motor Anda, maka Anda perlu menyetel rantai sepeda motor Anda secara rutin. 

4. Jangan Memberikan Pelumas Menggunakan Oli. Berikan pelumas rantai yang sudah di rekomendasikan oleh pruduk sepeda motor itu sendiri. hal ini guna untuk menghindari rantai sepeda motor mengalami kerusakan yang tidak terdeteksi seperti contoh; partikel keras yang menempel pada rantai akibat lengketnya cairan oli tersebut. Untuk pelumas rantai, sebaiknya gunakanlah pelumas khusus rantai sepeda motor. Itulah beberapa hal yang perlu di perhatikan pada perawatan rantai sepeda motor anda. 

Adapun saat mengganti suku cadang sepeda motor Anda, sebaiknya gunakanlan suku cadang yang asli terutama pada rantai. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap ketahanan komponen-komponen lainnya pada sepeda motor itu sendiri. Demikian Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Tetap Awet semoga bermanfaat.


0 Response to "Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Tetap Awet"

Posting Komentar