Tips Menghilangkan Baret Kaca Helm

Tips Menghilangkan Baret Kaca Helm
Helm merupakan alat pelindung bagian anggota tubuh yang paling penting. Mengendarai sepeda motor dengan menggunakan helm yang pas dan nyaman rasanya sangat memanjakan kita. Bayangkan saja jika Anda meminjam helm teman Anda yang kondisinya sudah tidak layak di pakai, pasti Anda akan merasa risih dan tidak nyaman belum lagi di tambah kondisi pandangan Anda terganggu akibat kaca helm tersebut sudah banyak terdapat goresan, rasanya ingin cepat-cepat untuk melepaskan helm tersebut dari kepala kita. 
Baca Juga: Cara Memilih Jas Hujan Berkualitas
Merawat helm sebenarnya tak kalah pentingnya jika di bandingkan perlengkapan berkendara lainnya. Seperti menjaga kaca helm agar tidak mudah tergores, dan menempatkannya pada posisi yang benar dan aman. Namun pada kesempatan ini kita akan coba membahas tentang Tips Menghilangkan Baret Kaca Helm. Pada dasarnya semua orang akan merewat helmnya dengan tepat, dan memperlakukannya secara berhati-hati. Tapi semua kemungkinan bisa saja terjadi yang membuat kaca helm kita bisa terkena goresan mulai dari helm mengalami jatuh saat menaruhnya di atas motor, hingga tergores akibat hal-hal yang tidak kita sengaja lainnya. Nah jika ini terjadi pada helm kesayangan Anda, di sini Anda tidak perlu khawatir untuk menghilangkannya kecuali jika kaca helm Anda sudah mengalami pecah, maka Anda sebaiknya menggantinya dengan yang baru saja. 

Untuk menghilangkan baret pada permukaan kaca helm baik itu baret halus, ataupun baret kasar sebetulnya sangat mudah untuk di lakukan. Anda cukup manyediakan beberapa perlengkapan seperti ampelas halus berukuran 2000-5000 hingga ampelas yang sedikit kasar yang berukuran 1500. Selain itu Anda harus menyediakan kain lap berbahan kaos katun, serta compound cream yang berwarna putih dan juga shampoo biasa atau shampoo rambut. Berikut beberapa langkah cara pengerjaannya. 

1. Lepaskan Kaca Helm Dari Bodi Helm 
Agar memudahkan proses pengerjaan lakukan pelepasan kaca helm dari bodi helm itu sendiri. Lakukan dengan cara berhati-hati agar kaca helm tidak pecah serta lepaskan baut-bautnya sesuai dengan desain helm itu sendiri. 

2. Cuci Kaca Helm Hingga Bersih 
Lakukan pencucian pada kaca helm hingga bersih dan tidak meninggalkan partikel keras seperti pasir dan lain sebagainya. Sebab jika masih tersisa kotoran yang menempel di bagian kaca, justru ini akan menambah goresan baru pada permukaan kaca helm Anda. 

3. Ampelas Kaca Helm Hingga Goresan Hilang 
Jika kaca helm Anda terdapat goresan kasar, sebaiknya Anda lakukan pengampelasan menggunakan ampelas berukuran 1500. Setelah goresannya sedikit lebih samar, bilas menggunakan ampelas berukuran 2000 lalu di akhiri dengan ampelas 5000. Akan tetapi sewaktu Anda melakukan pengampelasan, lakukan pada kondisi kaca helm selalu di basahi air shampoo. Jika perlu lakukan pengampelasan dalam wadah ember yang sudah terisi air shampoo tersebut. 

Untuk pengampelasan agar permukaan kaca helm bisa rata, maka sebaiknya gunakan bantalan seperti bantalan yang terbuat dari karet sandal jepit atau karet lainnya. Dengan cara tempatkan bantalan karet tersebut di belakang ampelas dengan posisi ampelas melingkari karet. Karena jika tidak menggunakan bantalan, hal ini dapat menimbulkan gelombang pada bekas goresannya. 

4. Poles Kaca Helm Menggunakan Compound 
Setelah permukaan kaca tidak terdapat lagi goresan, selanjutnya keringkan kaca helm tersebut guna untuk di poles. Karena setelah kaca helm di lakukan pengampelasan, kondisi kaca akan terlihat sangat kusam meskipun tidak terdapat lagi goresan. Untuk memoles kaca helm sebaiknya Anda pasangkan kembali kaca helm tersebut pada bodi helmnya. Namun sebelum di pasang ke bodi helmnya sebaiknya lakukan pemolesan pada bagian sekitar lobang baut pada kaca helm tersebut, agar sewaktu selesai di poles nantinya Anda tidak perlu repot-repot untuk melepaskan kaca helm kembali untuk memoles sekitar lobang baut helm. 

Setelah kaca helm di pasang pada bodi helm kembali, tempatkan helm pada tempat yang kira-kira dapat menahan helm agar jangan bergerak saat kita melakukan penggosokan pada kacanya. Atau boleh Anda jepit dengan kedua kaki Anda agar dapat di lakukan penggosokan dengan leluasa. Berikutnya berikan compound cream secukupnya saja, agar hasilnya bisa sempurna taruhlah compound sedikit saja karena jika kurang Anda bisa menambahkannya kembali. Saat setelah mengoleskan compound pada permukaan helm sebaiknya jangan langsung di gosok dengan kain, sebaiknya raba terlebih dahulu compound yang sudah di oles tersebut, hindari compound tercampur debu dan partikel keras lainnya karena ini dapat menambah goresan pada kaca helm Anda. Maka dari itu sebaiknya jangan menggunakan compound bekas, karena di khawatirkan kompound sudah kotor dan lain sebagainya. 
Setelah di pastikan tidak terdapat kotoran dan debu, barulah Anda gosok menggunakan kain yang berbahan kaos yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Gulung kain yang berbahan kaos tersebut hingga menyerupai bola kecil, hal ini guna agar permukaan kaca helm cepat mengkilap. Untuk penggosokan lakukan dengan cara menekannya hingga permukaan kaca helm sedikit memanas, karena semakin cepat Anda menggosoknya semakin mudah pula untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Setelah goresan ampelasnya hilang maka kaca helm Anda akan kembali mengkilap alias kinclong. Nah demikianlah beberapa Tips Menghilangkan Baret Kaca Helm yang bisa Anda tiru dengan mudah dan selamat mencoba.


0 Response to "Tips Menghilangkan Baret Kaca Helm"

Posting Komentar