Tips Mengendarai Sepeda Motor Kopling Belajar Motor Kopling

Belajar mengendarai sepeda motor kopling mengendarai sepeda motor kopling anda harus memiliki keberanian yang cukup, apalagi anda masih tergolong pemula atau masih tahap belajar.

Maka Anda sebaiknya tidak gugup dan bingung saat akan memulainya. Untuk mempelajari mengendarai sepeda motor kopling memang tidak mudah, karena pada umumnya motor kopling memiliki bobot yang cukup berat jika dibandingkan dengan motor non kopling.

Namun jika Anda sudah memahami cara dan tehnik penguasaan terhadap motor kopling, maka Anda akan sangat mudah dalam hal belajar mengendarai motor kopling. Baiklah sebelum kita memulai tahap cara belajar mengendarai motor kopling, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu mengetahui fungsi dari perangkat motor kopling itu sendiri.

Sepeda motor kopling terdiri dari beberapa perangkat yang memiliki fungsi masing-masing, seperti halnya sebagai berikut. Pada posisi tuas yang berada di setang sebelah kiri, itu terdapat handle kopling dengan fungsi menahan gigi agar tetap dalam kondisi netral jika Anda menekan tuas tersebut.

Pada posisi tuas yang terdapat di setang kanan ada tuas gas dan tuas rem roda depan, dimana perangkat ini juga terdapat pada motor non kopling. Berikutnya ada tuas gigi yang terletak pada posisi kaki kiri, dan tuas rem roda belakang terletak pada kaki sebelah kanan.

Nah jika Anda sudah mengetahui semua tentang fungsi dari beberapa perangkat pada sepeda motor kopling, maka selanjutnya barulah kita mulai untuk belajar mengendarai motor kopling tersebut.
  • Untuk belajar mengendarai sepeda motor kopling yang pertama harus Anda lakukan adalah, pastikan diri Anda sudah berada diatas motor. Dan posisikan tangan Anda sudah siap untuk menekan tuas kopling tersebut. 
  • Berikutnya nyalakan kontak pada posisi “ON”, lalu tekan tombol starter. Namun sebelumnya pastikan bahwa kodisi gigi dalam keadaan netral, agar sepeda motor tidak melompet saat di starter. 
  • Kemudian bersiap untuk mengoper tuas gigi dari netral kearah 1, dengan menekan tuas kopling secara full lalu pindahkan tuas gigi kearah 1. Lalu tarik gas dengan perlahan, dan lepaskan kopling sedikit demi sedikit namun jangan dilepaskan secara mendadak karena motor akan tersentak dan mesinnya akan mati. 
  • Selanjutnya jika sepeda motor sudah mulai berjalan, perkirakan kecepatan kurang lebih 10km/ jam lalu oper kembali tuas gigi kearah 2. Namun sebelumnya kecilkan terlebih dulu gasnya, lalu tekan kembali tuas koplingnya begitu juga untuk memindahkan gigi selanjutnya agar melakukan hal yang sama saat sebelum menaikan dan menurunkan giginya. 
  • Untuk kecepatan diatas 40km anda dapat menggunakan gigi 4 dan 5, dan untuk jalan tanjakan Anda dapat menggunakan gigi 2 dan 3. Dan jika Anda dalam posisi menekan rem hendak menghentikan sepeda motor Anda, sebaiknya Anda mengecilkan gas dan menekan koplingnya kembali. Karena, jika hal ini tidak anda lakukan meke mesin motor akan mati dan laju motorpun akan tersendat-sendat. 
Sebelum Anda melakukan beberapa hal diatas, sebaiknya agar Anda mendapatkan rasa aman dan nyaman gunakanlah perlengkapan berkendara seperti helm dan sebagainya. Namun ada juga yang mesti Anda perhatikan saat Anda melakukan untuk belajar berkendara, sebaiknya agar dilakukan ditempat yang sepi dan jauh dari keramaian.

Akan tetapi untuk lebih baiknya Anda bisa untuk mencobanya dilahan yang lapang seperti halnya lapangan bola, atau jalan-jalan yang jarang dilewati oleh kendaraan umum. Hal ini agar tidak membahayakan Anda sendiri dan orang lain. 

0 Response to "Tips Mengendarai Sepeda Motor Kopling Belajar Motor Kopling"

Posting Komentar